URUTAN NEGARA DENGAN WAKTU PUASA TERLAMA DI DUNIA

0
3802

1. Finlandia

Bicara tentang peringkat negara dengan durasi puasa terlama, Finlandia lah juaranya. Menurut beberapa orang yang pernah tinggal di sana, salah satu negara di Eropa ini memiliki durasi berpuasa sampai dengan 23 jam. Hampir satu hari penuh dong ya..

Mereka biasa memulai puasa pada pukul 01.00 dan jam buka bisa dimulai dari pukul 00.00. Waktu yang sangat singkat yah tentunya!

2. Islandia

Islandia menduduki peringkat kedua setelah Finlandia. Itu karena penduduk di daerah yang dikenal akan kecantikan auroranya ini ternyata harus menjalani puasa selama sekitar 22 jam setiap harinya. Penduduk disana pun harus menyelesaikan sahur pada jam 02.00 dan mendapat kesempatan untuk berbuka saat pukul 00.00. Kebayang kan, jika kamu tinggal disana maka kamu hanya punya waktu untuk buka sekaligus sahur hanya 2 jam.

3. Greenland

Apabila puasa di Indonesia berdurasi selama 13 jam, maka lain halnya di Greenland, Denmark. Di negara ini, kamu harus menahan lapar dan hausmu selama kurang lebih 21 jam. Jadi, hanya tersedia waktu 3 jam untuk kamu berbuka dan sahur. Waktu puasa disana dimulai dari pukul 02.16 pagi hingga pukul 23.14 malam hari. Bukan tanpa alasan, negara yang terletak di dekat Antartika memang mengalami kondisi alam di mana matahari terbit lebih lama dari biasanya pada saat musim panas.

4. Swedia

Berbeda dengan 2 negara tadi yang masih bisa merasakan hawa dingin saat puasa, penduduk Swedia harus menjalankan puasa mereka yang ternyata jatuh pada musim panas. Umat islam di Swedia yang jumlahnya mencapai 500.000 orang nampaknya sudah mampu beradaptasi untuk menjalani ibadah puasa selama 20 jam dengan hawa yang panas. Salut yah dengan negara ini!

5. Alaska 

Karena terletak di bagian utara, Alaska menjadi salah satu negara yang memiliki sinar matahari terpanjang di dunia. Di musim panas, kamu bisa berpuasa hingga 20 jam lamanya, mulai pukul 03.15 hingga 23.45 waktu setempat. Sedangkan di musim dingin, kamu justru hanya akan merasakan puasa selama 5 jam saja.

Lamanya waktu berpuasa yang harus dijalankan membuat sebagian umat Muslim di Alaska sejak tahun 2009 mengikuti jadwal puasa sesuai waktu di Mekkah. Mereka berpuasa selama 15 jam sehari, yaitu sejak pukul 04.15 hingga pukul 19.00.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here