YANAR DAG, GUNUNG DENGAN API ABADI

0
2150

Biasanya kobaran api yang menyebabkan peristiwa kebakaran akan padam dalam beberapa saat. Namun, ada beberapa tempat di dunia ini yang mana kebakaran selalu terjadi. Salah satu tempat yang mana api tidak pernah padam adalah Yanar Dag di Negara Azerbaijan. Api abadi itu selalu berkobar di kaki bukit yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter.

Yanar Dag memiliki arti Gunung Api, itu berada di kawasan Semenanjung Absheron, Azerbaijan. Dilansir dari CNN Travel, seorang pemandu wisata Yanar Dag bernama Aliyeva Rahila mengatakan jika api telah menyala sejak 4.000 tahun yang lalu. Bahkan, api itu tak kunjung padam meski turun hujan ataupun salju. Fenomena api abadi banyak terjadi di negara ini, salah satunya Yanar Dag. Api berkobar dengan sendirinya dari dalam tanah atau bebatuan. Penjelajah terkenal bernama Marco Polo menuliskan tentang fenomena api abadi yang misterius ini saat berkunjung ke Azerbaijan pada abad ke-13 silam.

Fenomena ini juga dikisahkan oleh para pedagang di jalur sutera yang berpindah-pindah dari satu negara ke negara lainnya. Banyaknya fenomena api abadi yang bermunculan lantas membuat Azerbaijan pada zaman dahulu sempat mendapat julukan sebagai Negara Api.

Fenomena api abadi yang terjadi di Azerbaijan disebebkan oleh kekayaan gas alam negara itu. Gas alam terkadang bocor ke permukaan, lalu saat ada api yang menyulutnya menyebabkan terjadinya peristiwa api abadi. Namun, kini kebanyakan fenomena api abadi telah dipadamkan oleh pemerintah Negara Azerbaijan karena fenomena semacam itu menyebabkan pengurangan tekanan gas bawah tanah yang mengganggu ekstraksi gas untuk komersial.

Tapi sekarang, hanya sedikit fenomena api abadi yang bisa ditemukan di Azerbaijan. Yanar Dag menjadi salah satu peninggalan yang tersisa. Fenomena alam ini paling sering disaksikan pada malam hari. Musim dingin juga merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung. Pengunjung bisa menyaksikan serpihan salju yang tidak pernah menyentuh panas karena langsung menguap terkena api abadi Yanar Dag. Keren sekali ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here