Alasan Kenapa Saat Kita Kebelet Pipis Malah Menggoyangkan Kaki ?

0
1385

Kenapa yaa saat kita menahan pipis terkadang kita suka melakukan beberapa gerakan yang sebenar nya tidak penting..

Urin yang kita keluarkan dari tubuh mengandung zat sisa dan kotoran yang tidak diperlukan oleh tubuh, teman-teman. Makanya harus segera dikeluarkan dari tubuh.

Cairan urin diproduksi di ginjal melalui proses penyaringan darah, teman-teman. Nah, zat sisa yang ada  di dalam darah ini membentuk urin. Urin ini disimpan di ginjal lewat ureter. Nah, saat kita menahan pipis, ginjal menerima tekanan dan terus membuat kita semakin ingin pipis.

Saat ginjal sudah penuh dan kita sudah merasa ingin pipis, kita harus pergi ke toilet terlebih dahulu.Tubuh kita tahu kalau kita harus menahan pipis untuk sementara waktu, sampai kita sudah di toilet.

Ini memicu adanya perilaku yang disebut Displacement behaviorteman-teman. Salah satu dari perilaku ini dalah menggoyangkan kaki.

Displacement behavior merupakan perilaku yang muncul ketika tubuh kita dihadapkan dengan stimulus dari luar yang membuat kita merasa melakukan dua aktivitas yang berbeda.

Selain saat menggoyangkan kaki untuk menahan pipis, manusia juga melakukan ini dengan cara menggaruk kepala atau menggigit kuku ketika sedang berpikir keras.

Aktivitas seperti menggoyangkan kaki, menggaruk kepala, atau menggigit kuku memang tidak akan membantu menyelesaikan masalah yang sesungguhnya terjadi, yaitu kebelet pipis atau sedang berpikir.

Namun aktivitas displacement behavior ini bisa mengalihkan perhatian kita dengan melibatkannya dalam aktivitas lain yang sebenarnya tidak ada maknanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here