ASAL USUL , LEGENDA DAN PENEMU SUMPIT (Chopstick Hero)

0
1332

1. Asal Usul Dan Cerita Legenda Sumpit

Gaes, pernah kepikiran ga? siapa yang menciptakan Sumpit? dan gimana asal usulnya sumpit?

Menurut para Sejarawan Sumpit ditemukan dan pertama kali digunakan oleh orang China, Penemunya akhirnya menyebutnya  “Kuàizi”. Sebelumnya penemunya tersebut menyebutnya “zhu”. Namun penyebutan tersebut mendapat keluhan, menurut orang orang penghuni perahu di selatan, kata “zhu” ini dianggap sebagai sesuatu yang tak menguntungkan karena “zhu” terdengar seperti “berhenti”, dan seperti menyarankan agar kapal-kapal berhenti dan tak bergerak. Karena hal ini akhirnya “zhu” diganti pengucapan menjadi “kuai zi”. Dimana “Kuai” ini memiliki bunyi yang sama dengan penyebutan kuai (cepat) yang berarti kapal yang berlayar cepat.

2. Ditemukan Oleh Seorang Kakek Yang Hendak Di Racun

Menurut Legendanya Sumpit ditemukan oleh seorang kakek bernama Jiang Zi Ya. Begini Gaes cerita asal muasal ditemukannya Sumpit…

Kakek Jiang Zi ya, hidup miskin bersama istrinya, Istrinya kesal, dan menaruh dendam kepada suaminya karena harus hidup dalam kesusahan dan kesulitan terus menerus.  Singkat cerita, si istri kemudian berniat meracuni suaminya melalui makanan. Saat si kakek akan memakannya, seekor burung tiba-tiba mematuk tangannya dan menuntunnya ke hutan bambu. Sesampainya disana burung tersebut berbicara kepada si kakek, “Jangan gunakan tanganmu untuk mengambil makanan. Gunakanlah tumbuhan ini.”

Lanjut cerita Kakek tersebut memetik batang bambu, dan kembali kerumahnya. Sesampainya dirumak kakek kemudian mengambil makanan beracun dengan batang bambu yang telah dia petik. Saat menyentuh makanan tersebut, batang bambu itu mengeluarkan asap hijau. Nah Gaes, Sejak saat itulah si Kakek Jing Zi Ya mengerti bahwa batang bambu bisa menunjukkan makanan yang beracun dan memanfaatkannya sebagai alat bantu makannya. Akhirnya tetangganya kemudian mengikuti contoh tersebut hingga kebiasaan ini terus turun temurun dari generasi ke generasi.

 

3. Sumpit Sebagai Lambang Status Sosial

Menurut Sejarawan Sumpit akhirnya memiliki arti yang lebih, sumpit bisa menunjukkan status kekayaan seseorang. Orang-orang kaya pada zaman dulu memakai  sumpit dari gading dan emas. Keluarga kerajaan menggunakan sumpit dari perak yang bisa mendeteksi racun pada makanan untuk mencegah pembunuhan.

Padahal bahan bahan Perak tidak akan berubah warna apabila terkena Racun seperti Sianida dan Arsenik. Tetapi akan berubah warna pada Telur Busuk, bawang Busuk, atau makanan busuk lainnya yang mengeluarkan Hydrogen Sulfide yang akan bereaksi terhadap perak.

Konon nih Gaes, pada masa pemerintahan Kaisar Xuan Zong di dinasti Tang, Perdana Menteri Song Jing selalu menghadiahkan sepasang sumpit pada pegawainya agar karakter pegawai tersebut lurus dapat dipercaya dan setia seperti sepasang sumpit.

Oh ya gaes, ternyata perkembangan sumpit ini meluas keseluruh penjuru dunia loh. Di Indonesia kita menyebutnya Sumpit, orang Malaysia menyebutnya “pengepit”, orang Arab menyebut “Eidan”, orang Inggris menyebut “Chopstick”, di Jepang disebut  “O hashi”, orang india menyebutnya “Cheenee kaanta”, dan di Itali “Bastoncini”.

Jadi gimana gaes menurut kalian? Makan mie memang paling enak pakai sumpit kan ?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here