MITOS ATAU FAKTA BELUM LIMA DETIK!

0
1329

Ternyata, peraturan lima menit bukan hanya ada di Indonesia. Di negara-negara Barat pun terdapat aturan yang serupa, namun durasinya saja yang lebih cepat, yaitu lima detik, sehingga mereka mengenalnya dengan istilah five seconds rule.

Maka, apabila makanan jatuh dan belum lima detik lamanya, itu masih boleh diambil dan dimakan. Aturan ini pun pernah diuji beberapa kali oleh berbagai penelitian untuk mengetahui apakah makanan yang jatuh selama lima detik itu masih boleh dimakan.

Salah satu penelitian mengenai five seconds rule ini dipublikasikan pada tahun 2016 di jurnal Applied and Environmental Microbiology. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa bakteri bisa saja langsung menghinggapi makanan segera setelah jatuh, bahkan bila Anda berhasil mengambilnya kembali sebelum lima detik.

Kemungkinan besar, makanan tersebut sudah dipenuhi kuman dan bakteri berbahaya seperti E. Coli dan Salmonella yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, atau bahkan demam.

Selain masalah waktu, jangan pernah menganggap makanan yang jatuh di lantai yang kelihatannya bersih, berarti sudah bebas dari kuman, ya!

Dikutip dari Kids Health, beberapa jenis kuman dapat tetap bertahan di lantai meskipun lantai tersebut sudah dibersihkan. Aturan sepenuhnya tergantung dari permukaan lantai dan jenis makanan yang jatuh.

Bila lima detik saja sudah membuat makanan jatuh dapat terpapar berbagai jenis bakteri, bayangkan apa yang terjadi bila makanan dibiarkan selama lima menit? Mungkin sesekali, Anda merasa baik-baik saja ketika memungut makanan yang jatuh.

Itu bisa terjadi karena lantai di rumah Anda terdapat bakteri yang tak begitu berbahaya bagi orang dewasa. Namun, bisa memberi efek berbeda pada anak kecil dan para lansia karena sistem imunnya yang rendah.

Jadi, sebaiknya jangan lagi ya memungut makanan yang sudah jatuh tak peduli berapa lama waktunya. Buang kebiasaan buruk itu demi menjaga kesehatan dirimu

Jangan lupa untuk memberitahukan informasi ini kepada orang-orang di sekitarmu ya! Keeps health:)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here