APAKAH AMAN BERADA DI DALAM MOBIL SAAT PETIR MENYAMBAR?

0
2538

Ketika hujan turun disertai dengan petir yang menggelegar sampai getarannya terasa meski kamu sedang berada di dalam mobil, terkadang ada rasa was-was pula karena mobil dianggap rentan disambar petir yaitu karena efek daya listriknya.

Namun penumpang mobil tidak perlu khawatir lagi dengan petir karena ternyata mobil sudah didesain dengan menggunakan material yang bisa meminimalisir dampak sambaran petir lho!

Bahkan, mobil dengan sistem atap terbuka atau convertible pun tetap aman dari dampak sambaran petir. Hampir setiap mobil convertible sudah dilengkapi dengan logam yang mampu mengalihkan arus listrik. Meskipun sudah aman, tentunya atap pada mobil jenis ini harus dalam kondisi tertutup ya!

Berdasarkan penelitian oleh komunitas mobil terbesar di Jerman, yaitu ADAC, mobil sebenarnya berfungsi sebagai sangkar Faraday yang berfungsi untuk menangkal listrik. Material logam yang terletak pada bodi mobil mampu mengalihkan muatan listrik dari petir yang dayanya mencapai ratusan juta volt jatuh ke tanah.

Apabila petir menyambar mobil, maka muatan listrik dari petir akan tersebar ke seluruh permukaan mobil tersebut dan itu berakhir di bagian bannya. Lalu, pada saat aliran listrik dari petir berada di ban mobil, sisa listrik tersebut akan langsung dialirkan ke tanah.

Alhasil tak terjadi apapun pada ban mobil dan orang yang ada di dalam mobil. Namun, jika muatan listrik dari petir tersebut sangat besar maka terdapat kemungkinan ban mobil akan meleleh atau meledak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here