RAHASIA SI IKAN BADUT

0
1926

1. Semua Ikan Badut Terlahir Sebagai Jantan

Secara ilmiah dikenal sebagai “Hermafrodit Berurutan,” semua ikan badut pada awalnya dilahirkan jantan. Tetapi, saat dewasa, beberapa ikan badut akan berubah menjadi betina. Perubahan kelamin ini biasanya terjadi saat ikan badut betina yang berkuasa mati. Di saat seperti itu, ikan badut jantan yang berukuran besar akan berubah kelamin menjadi betina dan memimpin kelompoknya. Perubahan kelamin ini hanya terjadi satu kali. Jadi, Ikan badut yang sudah berubah kelamin tidak bisa berubah kembali. Aneh banget ya guys..

 

2. Ikan Badut Betina Bisa Mengeluarkan 1.000 Butir Telur

Pada saat proses kawin Ikan Badut dapat mengeluarkan 1000 butir telur dalam satu masa bertelur. Telur-telur itu akan dijaga oleh ikan badut jantan, hingga menetas. Setelah menetas, para ikan badut akan hidup di sekitar Anemon. Oh iya guys, tubuh ikan badut dilapisi oleh lendir yang bisa melindungi mereka dari sengatan Anemon lhoo….

 

3. Anemon Laut Suka Menjebak Plankton Dengan Tentakelnya

Nah, tau gak sih guys? Saat menyantap plankton, Anemon ternyata tidak menyantap semuanya lhoo… Ada beberapa bagian plankton yang tercecer. Plankton yang tercecer dan tidak termakan itu biasanya dimakan oleh ikan badut. Kegiatan ikan badut itu sangat disukai oleh Anemon, karena bisa membuat Anemon tetap bersih. Waaah.. berarti simbiosis mutualisme banget ya hehe

 

4. Jangan Usik Tempat Tinggalnya

Ikan Badut memang lucu dan menggemaskan, tapi kamu harus hati-hati nih guys! Ikan Badut akan berubah menjadi galak, jika Anemon tempat tinggalnya diusik. Saat sedang agresif, ikan badut bisa menggigit pengganggu tersebut. Ikan badut sering berubah menjadi agresif kepada para penyelam yang usil menyentuh Anemon.

 

5. Jenis Ikan Badut

Saat mendengar ikan badut, kita pasti membayangkan ikan berwarna oranye dengan garis putih di tubuhnya. Padahal, ikan badut juga ada yang berwarna kuning, kemerahan, dan hitam. Meski berbeda warna, semua ikan badut punya garis putih di badannya. Oh iya, ikan badut bisa hidup hingga 10 tahun lhoo di alam liar. Waaahhhh… kerenn salut deh sama ikan yang satu ini

 

Nah, Teman-teman, itulah 5 rahasia Ikan Badut. Semoga bermanfaat ya guys!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here