TAHUKAH KAMU? TERLALU SERING MEMENDAM EMOSI BAHAYA BAGI KESEHATAN

0
2616

1. Mood Swing Yang Cepat Berubah

Salah satu yang akan kamu dapatkan saat terus memendam emosi adalah kamu sering merasakan mood swing yang cepat berubah. Misalkan saat kamu tengah ceria kamu bisa tiba-tiba menangis dan bersedih begitu saja. Suasana hatimu tak bisa terkontrol karena kamu sering memendam emosi yang pada akhirnya kondisi mentalmu tak stabil. Bila kamu terus seperti ini bukan tak mungkin kamu bisa marah kapan saja tanpa alasan yang jelas.

 

2. Gangguan Tidur

Terus memendam emosi pun akan membuatmu gelisah bahkan tak bisa tidur sehingga terjangkit insomnia. Padahal insomnia akan membuat berbagai penyakit datang karena tubuhmu kurang istirahat. Apalagi bila hal ini terus-menerus terjadi setiap hari tentunya kesehatan fisik maupun mentalmu terancam.

 

3. Gangguan Pencernaan

Memendam emosi pun akan membuatmu mengalami berbagai gangguan pencernaan hingga merasakan alergi. Sebagian orang saat stres cenderung merasakan kram perut yang hebat sehingga akhirnya jatuh sakit. Oleh karena itu lebih baik jangan terus memendam emosi karena hal ini akan memicu stres dan stres bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan yang tak diinginkan.

 

4. Depresi Ringan

Kamu pun akan merasakan depresi ringan hingga berat akibat memendam emosi teru-menerus. Meski sulit untuk mengungkapkan emosi setidaknya cobalah cerita kepada orang-orang terdekat dan bersedia mendengarkan. Selain itu jika benar-benar tak bisa kamu ceritakan setidaknya menangis akan membuat perasaanmu jauh lebih baik. Ungkapkanlah agar kamu jauh merasa lebih tenang!

 

5. Stres Berkelanjutan

Terakhir bahaya yang akan kamu dapatkan saat terus memendam emosi adalah kamu akan mendapatkan stres berkelanjutan yang akan berakhir dengan depresi berat. Padahal kalau sudah depresi tentu kamu akan jauh lebih sulit untuk sembuh dan bangkit kembali. Oleh sebab itu jangan terus memendam emosi dan ungkapkanlah karena memendam akan berdampak buruk bagi mental dan fisikmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here