DEWA PETIR DALAM MITOLOGI NORDIK

0
2153

Dalam mitologi Nordik, Thor dikenal sebagai dewa petir berjanggut merah.
Putra dari Odin yang merupakan pemimpin dari para dewa dan istrinya raksasa Jord.

Kerajaan para dewa bernama Asgard adalah tempat tinggalnya.
Selain Asgard, Midgard (dunia manusia) menjadi tempat yang selalu dilindungi oleh Thor dari para Jotun (raksasa) yang ingin menghancurkannya.

Thor selalu lekat dengan senjatanya yang berbentuk palu besar berkekuatan listrik, Mjolnir. Keunikan dari senjata tersebut adalah bisa kembali pada Thor dengan sendirinya saat dilempar ke arah musuh saat perang.

Ada juga beberapa sumber yang mengatakan bahwa dengan palu Mjolnir inilah Thor membuat petir. Bicara tentang kehidupan Thor, kurang lengkap rasanya tanpa menyebut nama Loki. Loki adalah dewa kekacauan yang sangat mengganggu Thor.

Salah satunya ketika Ia memotong rambut indah Sif, istri Thor, Thor sangat marah mengetahui Loki memotong rambut istrinya, dan bersumpah akan menghukum mati Loki dengan hukuman yang paling mengerikan. Hal itu membuat Loki ketakutan.

Ia pun langsung meminta para kurcaci untuk membuatkan rambut emas untuk mengganti rambut Sif.

Loki juga pernah membuat Thor hampir terbunuh, dalam rangkuman mitologi Nordik yang ditulis dalam Edda, ketika Loki sedang terbang, Ia ditangkap oleh raksasa es bernama Geirrod. Geirrod yang membenci Thor, meminta Loki mengajak sang dewa petir ke kastilnya untuk dibunuh.

Loki mengabulkan permintaan itu, dan mengajak Thor ke kastil Geirrod. Tapi setibanya mereka di depan pintu kastil, mereka berdua dihadang oleh Jotun wanita bernama Grid. Dihadang cukup lama membuat Loki kesal karena tidak sabar, dan akhirnya pergi meninggalkan Thor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here