MITOS ATAU FAKTA – BIJI APEL MENGANDUNG SIANIDA?

0
2197

Apel memang buah yang menyehatkan dan menyegarkan. Selain itu, apel juga memiliki manfaat yang menakjubkan untuk tubuh. Kandungan antioksidan yang ditemukan pada apel dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat oksidasi.

Namun, belakangan beredar kabar bahwa biji apel mengandung sianida. Bagi para pecinta apel, wajar jika Anda merasa khawatir. Memang yang Anda makan adalah daging apelnya, tapi kalau benar biji apel mengandung sianida, apakah ini berarti kalau kita tak sengaja menelan biji apel, ada risiko keracunan?

Biji apel mengandung amygdalin, zat yang dapat mengeluarkan sianida ketika terjadi kontak dengan enzim pencernaan manusia. Meskipun begitu, keracunan akut yang disebabkan oleh biji apel yang tak sengaja tertelan adalah kasus yang jarang terjadi. Amygdalin ini tidak hanya terdapat pada apel, tetapi Anda juga bisa menemukannya biji aprikot, biji buah persik, plum, dan almond.

Amygdalin adalah racun glikosida yang dapat memproduksi hidrogen sianida, jika dikombinasikan dengan enzim gastrointestinal/pencernaan. Jika biji ini terkunyah hanya sedikit, tentunya tidak masalah. Jumlah kecil tersebut dapat masih dapat disaring oleh enzim yang ada di dalam tubuh Anda.

Dalam jumlah kecil, tubuh mengubah sianida menjadi tiosianat, yang tidak berbahaya dan bisa dikeluarkan oleh urin. Tetapi, pendapat berbeda diungkapkan Agency for Toxic Substances & Disease Registry, yang dikutip situs Healthline, menurutnya jumlah yang minim pun tetap berbahaya. Terkontaminasi sianida dapat menyebabkan kerusakan jantung, dan otak, bahkan koma, dan kematian.

Jika Anda memakannya dalam jumlah besar, tentunya akan berbahaya. Sianida dalam jumlah besar dapat mengikat fungsi sel-sel darah yang berfungsi membawa oksigen, karena zat ini mampu masuk dengan cepat ke dalam aliran darah. Dalam sekejap, sel akan kekurangan oksigen dan tentunya sel menjadi mati. Racun sianida akan menyerang jantung, sistem pernapasan, dan sistem saraf pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here