MENGENAL HYPOPHRENIA, KONDISI SESEORANG YANG SERING MENANGIS TANPA SEBAB

0
2223

Pernah gak sih guys kalian mengalami hal yang menyenangkan orang akan merasa bahagia, sebaliknya bila sedang mengalami kejadian yang tidak diharapkan orang akan merasa sedih. Dan menangis adalah salah satu bentuk emosi yang ditunjukkan oleh seseorang yang sedang mengalami kesedihan maupu kebahagiaan. Namun, apa jadinya yaa… bila seseorang tiba-tiba menangis dan menjadi sedih tanpa sebab? Meski kondisinya seringkali disamakan dengan Bipolar, seseorang yang mengalaminya mungkin mengalami yang disebut dengan Hypophrenia. Nah, Untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi psikologis ini, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Apa itu Hypophrenia?

Istilah hypophrenia mungkin masih sangat asing bagi kalian, bukan? Rena Masri M.Psi seorang psikolog mengatakan bahwa hypophrenia adalah kondisi gangguan mental yang dialami oleh seseorang yang sering menangis dan merasa sedih secara tiba-tiba tanpa adanya alasan jelas yang melatar belakanginya. Kondisi gangguan mental ini seringkali disalah artikan sebagai bipolar. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat terlihat. Bipolar adalah kondisi gangguan mental yang dihadapi oleh seseorang yang kerap kali mengalami perubahan mood yang drastis dan terjadi dengan sangat cepat. Penderita bipolar bisa merasakan depresi yang sangat dalam, dan tiba-tiba bisa sangat bersemangat ketika episode depresi berganti menjadi episode manik atau mania. Sedangkan untuk penderita hypophrenia, seseorang lebih cenderung mengalami satu fase saja yang membuatnya bisa merasa sedih dan menangis secara tiba-tiba tanpa sebab.

 

2. Penyebab Hypophrenia

Nah guys! Meski terlihat menangis dan merasa sedih secara tiba-tiba seperti tanpa alasan, seseorang yang mengalami Hypophrenia tentu saja memiliki latar belakang sehingga mengalami kondisi tersebut. Salah satu penyebabnya adalah kondisi kecemasan yang berlebihan akibat trauma atau kejadian menyedihkan yang terjadi di masa lalu. Kondisi cemas tersebut bisa membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Kondisi lelah secara fisik dan mental semacam inilah yang bisa menyebabkan seseorang merasa sedih kemudian menangis secara tiba-tiba seakan tanpa alasan. Selain dari sisi psikologis, kondisi hypophrenia bisa dialami oleh seseorang karena faktor kesehatan fisik yang mengganggu sistem neurologi yang disebut dengan Pseudobulbar Affect (PBA). Seseorang dengan riwayat penyakit alzheimer, dementia, stroke dan parkinson lebih rentan mengalami kondisi ini karena adanya ketidakmampuan mengendalikan emosi.

 

3. Gejala Hypophrenia

Seseorang yang mengalami kondisi hypophrenia biasanya ditunjukkan dengan perubahan emosi yang terjadi secara tiba-tiba, langsung menjadi sedih atau bahkan menangis tanpa sebab yang jelas. Rasa sedih dan menangis secara mendadak membuat seseorang yang mengalami kondisi hypophrenia menjadi ketus, sensitif, dan kurang bisa diajak berkomunikasi

 

4. Penanganan Terhadap Hypophrenia

Terlepas dari apapun penyebab yang membuat seseorang mengalami Hypophrenia, orang yang mengalami kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Bila mengenal seseorang, sahabat atau kerabat terdekat yang mengalami kondisi ini, sebaiknya Anda meminta mereka untuk sharing dan bercerita tentang beban pikiran yang sedang dialami. Karena berbagi adalah salah satu solusi paling ampuh meringankan depresi dan kesedihan mendalam. Sebagai orang terdekat, Anda bisa menolong dengan memberikan semangat pada orang tersebut supaya perlahan-lahan kesedihan dan trauma yang dialami di masa lalu bisa diterima dengan lapang dada. Namun, bila kondisinya sudah sangat parah yang ditunjukkan dengan rasa sedih dan menangis berlebihan serta terlalu sering terjadi, seseorang yang mengalami kondisi hypophrenia perlu segera berkonsultasi dengan psikiater untuk mendapatkan penanganan intensif.

 

Nah itu dia tentang Hypophernia, apakah salah satu dari kalian pernah merasakan hal tersebut? hayoo.. kalau ada masalah lebih baik dibicarakan ya guys jangan dipendam sendirian hehe… Yuk guys saling support satu sama lain yaa!

Semoga Materi ini bermanfaat untuk kalian semua yaa 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here