MARI MENGENAL TRADISI UNIK SUKU TORAJA..

0
1584

Jika menurut kalian kuburan itu sangat menyeramkan karena berbagai macam hal aneh terlintas di pikiran kita, namun hal itu berbeda dengan penduduk asal Toraja ini karena mereka mempunyai semacam tradisi unik yang mana itu berkaitan dengan orang yang sudah meninggal. Yaitu mereka membangkitkan para leluhur atau para pendahulu mereka yang sudah meninggal untuk di bersihkan dan di kenakan pakaian yang baru dan kemudian di makamkan kembali.

Ritual Ma’nene adalah ritual yang melibatkan orang yang sudah meninggal. Tradisi Ma’nene ini dilakukan di Toraja yang biasanya dilakukan pada bulan agustus akhir tepatnya setelah masa panen berlangsung, karena para keluarga yang merantau ke luar kota akan pulag ke kampungnya sehingga semua keluarga dapat hadir untuk melakukan prosesi Ma’Nene ini bersama-sama.

Ritual ini merupakan kegiatan membersihkan jasad para leluhur yang sudah ratusan tahun meninggal dunia. Prosesi dari ritual Ma’Nene dimulai dengan para anggota keluarga yang datang ke Patane untuk mengambil jasad dari anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Patane merupakan sebuah kuburan keluarga yang bentuknya menyerupai rumah. Lalu, setelah jasad dikeluarkan dari kuburan, kemudian jasad itu dibersihkan. Pakaian yang dikenakan jasad para leluhur itu diganti dengan kain atau pakaian yang baru. Biasanya ritual ini dilakukan serempak satu keluarga atau bahkan satu desa, sehingga acaranya pun berlangsung cukup panjang. Setelah pakaian baru terpasang, lalu jenazah tersebut dibungkus dan dimasukan kembali ke Patane. Rangkaian prosesi Ma’Nene ditutup dengan berkumpulnya anggota keluarga di rumah adat Tongkonan untuk beribadah bersama.

Ritual Ma’Nene lebih dari sekedar membersihkan jasad dan memakaikannya baju baru. Ritual ini mempunyai makna yang lebih, yakni mencerminkan betapa pentingnya hubungan antar anggota keluarga bagi masyarakat Toraja, terlebih bagi sanak saudara yang telah terlebih dahulu meninggal dunia. Masyarakat Toraja menunjukkan hubungan antar keluarga yang tak terputus walaupun telah dipisahkan oleh kematian. Ritual ini juga digunakan untuk memperkenalkan anggota-anggota keluarga yang muda dengan para leluhurnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here