MAYFLY.. HEWAN YANG HANYA MAMPU BERTAHAN SELAMA 24 JAM

0
716

Bagi kita, satu hari adalah waktu yang sangat singkat, namun apa jadinya jika ada makhluk hidup yang hanya dapat bertahan selama 1 hari saja, lalu mati di kemudian hari?

Lalat Capung atau MayFly adalah hewan dengan usia jangka terpendek di dunia, dimana ia hanya dapat hidup hanya dengan batas waktu 24 Jam. Ketika lahir, spesies ini hanya menggunakan sisa hidupnya dengan bereproduksi untuk mempertahankan spesiesnya agar tak punah.

Untuk mempertahankan populasi keturunannya, lalat capung hidup dalam kelompok habitat yang besar, saking besarnya mereka dapat terdeteksi oleh radar cuaca. Lalat capung adalah hewan dengan umur terpendek di dunia. Hewan ini memiliki 2.500 spesies yang telah tersebar ke seluruh penjuru dunia, lalat  capung tidak bergantung pada kualitas hidupnya di bumi tetapi mereka bergantung pada kuantitas penyebaran mereka di permukaan bumi.

Lalat Capung adalah jenis serangga Ordo Ephemoroptera, berasal dari bahasa Yunani yang berarti “hidup singkat” dan Pretron yang artinya “sayap”. Jadi dapat diartikan “hewan bersayap yang memiliki hidup singkat”.

Lalat Capung biasanya hidup sekitar 30 menit atau 1 hari tergantung menurut jenisnya. Fungsi utama dari Lalat Capung dewasa ini adalah bereproduksi, dan itu bertujuan untuk mempertahankan jumlah populasinya.

Mereka bereproduksi disaat musim panas dengan jumlah yang sangat banyak bahkan sampai jutaan. Karena saking banyaknya, spesies ini dapat di tangkap oleh Radar Cuaca dengan jumlah yang sangat banyak  agar dapat bertahan hidup atau tak punah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here