MANFAAT KEMBANG TELANG UNTUK KESEHATAN

0
938

1. Mengobati Gangguan Penglihatan

Secara tradisional, manfaat kembang telang telah banyak digunakan oleh berbagai kalangan masyarakat sebagai obat untuk gangguan penglihatan, seperti mata merah atau sakit mata lainnya. Selain itu khasiat dari kembang ini dipercaya mampu membantu penglihatan lebih cerah.

Caranya adalah dengan dengan merendam beberapa kuntum kembang telang tersebut ke dalam segelas air hingga air tersebut berubah warna menjadi biru. Selanjutnya Anda bisa menggunakan air rendaman tersebut sebagai obat pencuci mata yang sakit.

2. Mengobati Sakit Telinga

Untuk mengatasi gangguan yang terjadi pada bagian telinga, kita bisa memanfaatkan daun dari tamanan ini. Caranya adalah dengan mengoleskan air perasan yang terbuat dari beberapa helai daun telang dengan dicampurkan sedikit garam pada bagian telinga yang terasa sakit. Lakukan hal tersebut secara teratur.

3. Mengobati Batuk

Akar Kembang Telang juga telah digunakan dalam pengobatan tradisional dalam seperti untuk menyembuhkan gangguan batuk rejan (pertusis). Selain itu rempah yang berasal dari bubuk akar telang dapat juga digunakan untuk menyembuhkan gangguan asma yang menimpa seseorang terutama pada musim dingin.

4. Mengobati Detoksifikasi

Teh herbal yang terbuat dari kembang telang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Cara pembuatannya adalah cukup mudah, yaitu hanya dengan menyeduh kembang telang sebanyak 2 hingga 3 kuntum dengan air panas, biarkan  10 menit. Ramuan tersebut sudah siap untuk dikonsumsi

5. Mengobati Bronchitis

Bronkhitis atau peradangan pada saluran pernafasan bisa kita atasi dengan menggunakan ramuan herbal yang berasal dari akar tanaman telang ini. Caranya adalah dengan merebus 30 hingga 60 gram akar telang dengan menggunakan 4 gelas air bersih hingga kadar air tersebut tinggal separuhnya saja. Konsumsi air rebusan tersebut dalam kondisi dingin pada pagi dan malam hari masing-masing 1 gelas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here