‘RAINBOW VILLAGE’ SEBUTAN UNTUK TEMPAT WISATA UNIK DI TAIWAN

0
816

Kisah haru dan inspiratif dari Taiwan. Seorang kakek veteran berusia 95 tahun menyelamatkan desa dari upaya penggusuran. Caranya dengan lukisan mural.

Ini kisah ketika seorang mantan tentara mengetahui bahwa desanya akan dihancurkan 10 tahun yang lalu. Dia mengambil kuas dan mulai melukis dan tidak berhenti sejak itu.

Melansir BBC Travel, tentara ini tinggal di Kota Taichung, Taiwan yang berpenduduk 2,8 juta orang. Meski waktu menunjukkan waktu 04.00 dini hari waktu setempat, ia yang berusia 95 tahun tetap perlahan melukis sendirian dalam kegelapan.

Setiap pagi, Huang Yung-fu menyalakan lampu, beralas sandal dan membawa segenggam kaleng cat ia pergi ke jalanan. Sementara kota itu masih tertidur pulas, Huang membungkuk di bangku selama tiga jam dan menghiasi dinding, trotoar dan jendela dengan mural lucu berwarna-warni.

Ia memulai lukisan muralnya beberapa tahun lalu dengan gambar berupa satu burung di dinding kamar Huang lalu berkembang menjadi puluhan ribu ilustrasi. Kini, ada berbagai gambar seperti kartun, hewan abstrak dan seni surealis di pemukiman militer itu.


Disebut pula sebagai Rainbow Village, sudah lebih dari satu juta pengunjung mengelilinginya. Desa ini memiliki seniman musiman dan satu-satunya penduduk tetap, yakni ‘Kakek Pelangi’. Hidup Huang kini adalah seniman otodidak. Ia tidak hanya mengubah pemukiman Taiwan menjadi buku cerita kehidupan nyata, tetapi ia menyelamatkan desa dari pembongkaran.

Pemerintah ingin menggusur tempat itu, namun Huang bergeming. Ia menyebut di desa itu adalah kampungnya, lalu ia mulai melukisnya.

Pada tahun 2008, pengembang telah mengambil semua lahan dari dan tersisa 11 rumah pemukiman asli saja. Huang perlahan melihat teman-temannya pergi satu per satu, belum menikah dan tanpa keluarga di Taiwan, Huang tidak punya tempat untuk pergi.

Jadi, dia tetap tinggal sampai dia adalah penduduk terakhir yang tersisa. Ketika dia menerima surat dari pemerintah, yang memerintahkan dia untuk mengosongkan desa, veteran ini melakukan sesuatu yang tidak dia lakukan sejak dia masih sekolah, dia mengambil kuas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here