KISAH LUBANG DI TENGAH DONAT, SIAPA YANG MENCIPTAKANNYA YA ?

0
916

Ada banyak sekali jenis donat bukan hanya rasanya yang beragam bentuk donat juga bermacam-macam, Ada donat yang berlubang ada juga donat yang tidak berlubang, sudah tahu mengapa bagian tengah donat dibuat berlubang? Siapa yang pertama kali membuat lubang itu ya?

Menurut ahli kuliner donat Michel Krondl ada beberapa versi kisah asal mula lubang di tengah donat. Pada Tahun 1916 Boston Post mewawancarai seorang mantan pelaut Hanson Crockett Gregory. Saat itu Hanson memberikan penjelasan tentang bagaimana beliau menemukan lubang di tengah donat Hanson Crockett Gregory mengatakan kalau beliau adalah penemu lubang di tengah donat, menurut beliau lubang pada bagian tengah donat ini ditemukannya pada Tahun 1847, saat itu usianya sekitar 15 tahun

Diceritakan ia merasa kue goreng yang biasa tersaji di kapal kurang memuaskan, karena hanya renyah di bagian luarnya sedangkan dalamnya berminyak dan lembek. Akhirnya dia meminta juru masak kapal untuk membuat bentuknya menyerupai cincin, supaya bagian dalam adonannya matang merata Setelah dicoba, ternyata metode ini berhasil menjadikan kue olykoeks semakin garing dan matang menyeluruh. Sejak itulah kue goreng dibuat memiliki lubang di tengahnya dan diadaptasi hingga kini.

Menurut ahli kue dan pastry, lubang yang ada pada donat memang membantu proses pemanasan menjadi lebih rata dan maksimal, sehingga teksturnya lebih renyah.

Cerita ketiga ini kurang lebih sama dengan versi kedua hanya saja kejadiannya bukan di atas kapal. Sang ibu, Elizabeth merupakan penjual kue goreng yang terkenal karena menggunakan buah pala dan hazelnut di dalam adonannya.

Elizabeth menamainya sebagai dough-nuts yang berarti adonan kue dengan kacang, Istilah ini akhirnya lebih populer dibandingkan olykoeks, meski rasanya lezat Gregory merasa kurang puas dengan tekstur kue ibunya karena bagian tengahnya lembek seperti kurang matang.

Saat ia menyampaikan hal itu, sang ibu menjawab bagian tengahnya memang agak susah matang, makanya diisi dengan kacang hazelnut.

Gregory menyarankan untuk membuang kenari di bagian tengah kue dan membiarkannya berlubang, sehingga kue bisa matang lebih cepat. Sang ibu akhirnya menuruti saran tersebut dan akhirnya berhasil membuat donat jadi lebih sempurna, karena bagian luar dan dalamnya matang merata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here