TAHUKAH KAMU, ADA SATU SPESIES IKAN BERDARAH PANAS DI DUNIA

0
726

Hewan-hewan di dunia digolongkan menjadi hewan berdarah panas dan berdarah dingin. Perbedaan kedua terletak pada pengaturan suhu tubuhnya.

Nah, hewan berdarah panas misalnya sepertu burung dan mamalia. Sedangkan hewan berdarah dingin misalnya seperti ikan, reptilian, dan amfibi.

Yap, ikan memang dikenal sebagai hewan berdarah dingin. Namun, tahukah teman-teman, ternyata ada loh, ikan berdarah panas…

 

Ikan apakah itu?

Namanya ikan opah (Lampris guttatus) atau moonfish, ikan berdarah panas di dunia yang ditemukan oleh Nicholas Wagner, seorang biology dari Badan Administrasi Atmosfer dan Kelautan Amerika Serikat (NOAA).

Hewan berdarah panas adalah hewan yang dapat mengatur panas tubuhnya. Sehingga, dalam rentang waktu tertentu panas tubuhnya bisa konstan.

Hewan ini akan berkeringat ketika kepanasan dan menggigil ketika kedinginan. Sedangkan hewan berdarah dingin, cenderung tidak dapat mengontrol suhu tubuhnya.

Suhu tubuh hewan berdarah dingin akan sama dengan suhu lingkungan. Umumnya, hewan ini tidak berkeringat ketika kepanasan dan juga tidak menggigil ketika kedinginan.

Contoh hewan berdarah dingin adalah hiu dan tuna. Dua ikan ini bisa menyelam di kedalaman dan suhu dingin.

Namun, dalam waktu tertentu harus kembali ke permukaan untuk melindungi organ tubuhnya yag penting seperti jantung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here