POHON DI PAKISTAN INI BISA BERPINDAH TEMPAT

0
885

Di Pakistan, ada sebuah pohon yang ditahan dan rantai selama lebih dari 120 tahun. Pohon ini nggak cuma sekedar diikat dengan rantai, namun ada cerita unik di baliknya.

Menurut Daily Sabah, sekitar 121 tahun lalu, tepatnya pada 1898 seorang perwira Inggris, James Squid menahan sebuah pohon Banyan di Landi Kotal, sebuah kota dekat perbatasan Torkhan. Hal itu dijelaskan oleh warga sekitar bernama Islam Khan Shinwari, kepala suku Khogikheil yang berusia 60 tahun.

Dia mengatakan, “Kakekku, Fateh Khan Shinwari mengatakan bahwa perwira tentara Inggris James adalah orang yang kejam yang merantai pohon ini pada tahun 1898.” Shinwari mengatakan bahwa tempat di mana pohon tersebut berada saat ini dulunya adalah milik leluhurnya.

Namun, pada saat itu tentara Inggris mengambil tanah itu secara paksa dari keluarganya dan membangun semua mess perwira di sana. Kemudian perwira James Squid yang sedang mabuk menahan pohon tersebut dan merantainya dengan alasan bahwa pohon itu telah berpindah dari tempat aslinya.

Kisah ini juga dapat dilihat pada sebuah papan yang ada di pohon tersebut, bunyinya: “Aku ditahan. Suatu malam seorang perwira Inggris yang mabuk berat berpikir bahwa aku telah berpindah dari tempat asliku dan memerintahkan seorang sersan untuk menahanku sampai sekarang.” Seiring berjalannya waktu, pohon tersebut tetap dirantai dan dibiarkan seperti itu untuk menunjukkan kekejaman penindasan yang pernah dilakukan kolonial Inggris pada masa itu.

Pohon itu, yang sekarang berada di pangkalan militer Landi Kotal milik Angkatan Darat Pakistan, tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan, orang asing dan penduduk setempat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here