DILARANG TUTUP USIA DI LONGYEARBEN? APA ALASANNYA?

0
850

Longyearbyen adalah kota yang menarik di belahan bumi utara.

Di negeri tempat beruang kutub ini, matahari hanya muncul selama empat bulan. Kota kecil Longyearbyen yang dihuni sekitar 1.500 orang itu memberikan pemandangan indah yang khas: Sekelompok rumah-rumah kayu di lembah gunung yang bisa melindungi penghuninya dari angin Arktik yang membekukan.

 

Dilarang tutup usia di Longyearbyen!

Andai seseorang jatuh sakit keras maka ia akan diterbangkan pesawat atau dikirim lewat kapal ke kawasan lain Norwegia, untuk menghadapi ajal.

Dan, pastinya bila tutup usia karena sakit, tak seorang pun akan memakamkannya di Longyearbyen.

Pemakaman di Kota kecil itu telah berhenti menerima penghuni baru sejak 1950. Kendati terkesan kejam, tapi bila ditelisik amat masuk akal. Kebijakan itu diambil setelah ditemukan bahwa jenazah di sana tak bisa membusuk.

Mayat di Longyearbyen terawetkan oleh permafrost, tanah yang membeku sepanjang waktu. Dalam penelitian, para ilmuwan pada waktu itu mengambil sampel daging dari mayat orang-orang yang meninggal di sana. Para ilmuwan menemukan jejak virus flu spanyol yang membuat orang-orang itu meninggal pada epidemi tahun 1917.

Kini, orang yang mendekati hari akhirnya di Longyearbyen langsung dievakuasi. Ia akan diterbangkan ke daratan untuk kemudian menunggu ajalnya.

Dengan berada di kota yang didirikan pengusaha tambang batubara asal AS, John Longyear pada 1906 itu, sebenarnya para wisatawan bisa langsung mafhum adanya kondisi yang berbeda.

Bukannya karena banyak beruang kutub berkeliaran sehingga warga dewasa kerap menyandang senjata.

Namun, di kota itu amat jarang fasilitas perawatan bagi para lansia. Meski begitu, Longyearbyen tetap mengundang keingintahuan. Di bumi dengan kebekuan tanah hingga kedalaman 10 hingga 40 meter itu, rumah-rumah berdiri dengan kaki-kaki yang menancap dalam ke tanah.

Di Longyearbyen, hari terakhir matahari tenggelam setiap tahunnya pada 25 Oktober. Lalu, sang surya ibarat tertidur dan tak muncul lagi di atas horizon selama empat bulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here