DI TIONGKOK ADA TEROWONGAN YANG MELATIH KEBERANIAN SAAT MELINTASINYA

0
897

Terowongan Guoliang adalah jalan yang menghubungkan Desa Guoliang dengan dunia luar, Penyelesaian terowongan ini merupakan lompatan besar bagi penduduk desa tersebut, dan saat ini menjadi objek wisata yang unik, menarik, dan langka bagi para pengendara sendiri yang melintasi jalan tersebut yang mana harus ekstra hati-hati dikarenakan minimnya pengaman pada sisi jalan yang berhubungan langsung dengan curam.

Dengan melintasi terowongan tersebut terhampar pemandangan yang indah sekelilingnya Walaupun seakan-akan berhadapan langsung dengan bahaya dan maut. Sisi jalan yang berada dilereng pegunungan dengan jurangnya menganga dengan kedalaman sekitar 1000 meter diperlukan keberanian yang lebih untuk melintasinya.

Desa Guoliang terletak di Huixi, Provinsi Henan, Tiongkok. Awalnya jalan dengan pemandangan indah dan spektakuler di dunia ini sebenarnya adalah sebuah terowongan yang dibuat oleh masyarakat Desa Guoliang sebagai jalan utama untuk memudahkan mereka akses ke dunia luar untuk menjual hasil pertanian dan ternak, namun belakangan jalan itu telah mulai menjadi hotspot wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara.

Panjang jalan yang terkenal di dunia ini yakni 1,2 kilometer atau 1.200 meter dan lebar 5 meter serta terdapat 30 jendela dengan berbagai ukuran dan bentuk yang menghadap langsung ke jurang tebing yang sangat dalam dan terletak tinggi di Pegunungan Taihang Provinsi Henan Cina.

Keunikan lain dari terowongan ini yakni di pahat sepanjang sisi gunung dengan menggunakan alat sederhana seperti palu, pahat dan beberapa alat sederhana lainnya tanpa campur tangan teknologi modern dan pemerintah setempat dan butuh waktu lima tahun lebih untuk membangunnya. Namun ada beberapa spekulasi yang dihembuskan bahwa pembuatan terowongan unik itu juga menggunakan bahan peledak atau bom, itulah mengapa ada beberapa pekerja tewas pada saat kontruksi jalan spektakuler tersebut dan spekulasi itu masih menjadi misteri hingga sekarang.

Penduduk Desa Guoliang sebelumnya diklaim sebagai orang-orang yang melarikan diri atau pemberontak yang buron selama Dinasti Han. Sebelum terowongan ini dibangun oleh mereka satu-satunya akses ke desa Guoliang, yaitu sebuah tangga yang dibangun berundak-undak yang sangat mengerikan dengan ketinggian yang juga tak kalah spektakuler bahkan jalan itu dinamakan Jalan Menuju Langit.

Desa Guoliang terletak di sebuah lembah yang dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi dan terputus dari peradaban luar. Untuk akses mudah penduduk desa ke dunia luar, pada tahun 1972 sekelompok penduduk desa yang dipimpin oleh Shen Mingxin membuat rencana untuk memahat jalan di sisi gunung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here