“SNOWFLAKES” GORILLA ALBINO

0
891

Hewan yang satu ini berasal dari hutan tropis di Afrika. Hampir 97-98 persen DNA gorila sama dengan DNA manusia. Oleh karena itulah, hewan yang satu ini disebut sebagai spesies kedua yang terdekat dengan manusia setelah sinpase. Gorila memiliki tangan dan kaki yang panjang, dimana tangannya ini lebih panjang dibandingkan dengan kaki. Dada gorila berukuran besar, dan hampir semua tubuhnya diselimuti oleh bulu kecuali jari, telapak kaki, wajah dan telapak tangan. Dimana biasanya bulu-bulu yang menyelimuti gorila berwarna coklat atau coklat kehitaman.

Namun tahukah kamu? Gorila yang selama ini kita ketahui memiliki warna seperti yang telah disebutkan tadi, ternyata ada satu gorila yang berbeda dengan gorila yang lainnya. Dimana gorila yang satu ini berwarna putih. Warna putih tersebut disebabkan karena gorila ini merupakan gorila albino.

Gorila albino bernama Snowflake, gorila ini merupakan gorila albino satu-satunya yang ada di dunia. Dia ditemukan di Guinea Khatulistiwa pada tahun 1966. Pada bulan maret tepatnya pada tahun 1967 dirinya tampil di halaman utama Wikispecies, dan dari sanalah dia diberi nama Snowflake. Gorilla tersebut kemudian dipindahkan ke kebun binatang Barcelona, namun sangat disayangkan ia meninggal pada tahun 2003 silam karena mengidap kanker kulit.

Kemunculan gorila albino ini sempat dipertanyakan oleh berbagai pihak, sehingga beberapa peneliti melakukan penelitian untuk mengungkap misteri mengapa gorila tersebut bisa lahir albino. Sebelum gorila albino ini mati, para ilmuwan sempat mengambil sampel darah Snowflake. Darah tersebut kemudian dibekukan. Dan setelah sembilan tahun, akhirnya pada ilmuwan berhasil melakukan analisis DNA pada gorila tersebut.

Tim peneliti membandingkan DNA Snowflake dengan DNA gorila lain. Dan dari sanalah diketahui bahwa albinisme Snowflake terjadi karena diakibatkan oleh gen yang bernama SLC45A2.
.
Gen albinisme tersebut diturunkan sendiri dari induk Snowflake. Bahkan dalam penelitian mengatakan bahwa gorila tersebut merupakan produk inses. Orangtua Snowflke berbagai DNA sebanyak 2 persen, dan kemungkinan merupakan paman serta keponakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here