FAKTA TENTANG BURUNG WIWIK, BURUNG TANDA KEMATIAN

0
569

hai guys, kalian tau gak sih burung wiwik kya apa? pasti kepo kan… Simak Penjelasan di bawah

  1. Burung Wiwik disebut juga plaintive cuckoo adalah spesies burung dari genus Cacomantis di keluarga Cuculidae yang diantaranya beranggotakan burung bubut, kangkok, tuwur, tokhtor. Tubuhnya berukuran relatif kecil. dengan panjang sekitar 21-23.5 cm.
  2. Pejantan dewasa berwarna coklat keabu-abuan bagian sayap dan oranye di tubuh bagian bawah dengan kepala, tenggorokan, dan payudara berwarna abu-abu.
  3. Burung plaintive cuckoo telah berperan dalam budaya manusia selama ribuan tahun lalu. Dalam mitologi Yunani dianggap sebagai dewi Hera. Di India, burung ini dipercaya sebagai Kamadeva, dewa keinginan dan kerinduan, sedangkan di Jepang, burung kedasih melambangkan cinta tak berbalas.
  4. Di Indonesia burung ini dianggap pertanda kematian. Bila burung ini berkicau di dekat rumah seseorang, maka salah satu penghuni rumah itu akan meninggal.
  5. Menurut mitologi Jawa, burung Wiwik dianggap sebagai burung yang kesasar yang menangis ingin diantarkan pulang ke tempat asalnya. Singkat cerita burung tersebut pernah mengantar burung emprit yang ingin pulang ke Jawa setelah mengikuti kompetisi melawan burung Garuda.

Setelah sampai di Jawa burung emprit ternyata tidak mau mengantarkannya kembali ke asalnya. Itulah yang konon menyebabkan kicauannya seperti orang menangis sampai saat ini karena merasa dibohongi oleh burung emprit. Sebagai bentuk balas dendam, burung wiwik menjajah sarang burung-burung kecil di Jawa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here