MITOS ATAU FAKTA DAUN BAWANG DAPAT MEMBUAT BAU BADAN

0
549

Saat membeli mi ayam atau makanan lain, tak jarang orang menghindari daun bawang sebagai topping. Alasannya, daun bawang dicap bisa menyebabkan bau badan.

Benarkah daun bawang menyebabkan bau badan? Daun bawang biasa digunakan sebagai bumbu dapur penyedap masakan. Daun bawang juga dipercaya mengandung antioksidan dan bisa mengobati infeksi serta menghangatkan tubuh.

Dokter Spesialis Kulit dan Estetika dr. Juliana Resolina Pateh menegaskan, daun bawang tidak menyebabkan bau badan. Hal itu tidak benar dan mitos.

Bukan daun bawang, justru makanan dari daging-dagingan dan susu yang bisa menyebabkan bau badan lebih keras. Selain itu, ada pula minuman seperti yogurt yang bisa meningkatkan aroma tak sedap pada tubuh.

“Untuk daun bawang tidak menyebabkan bau badan, justru yang bikin bau badan makan-makanan yang mengandung susu atau daging-dagingan misalnya susu, yogurt, daging sapi. Maka bau badan akan lebih keras,”.

Menurutnya untuk konsumsi susu dan daging sapi memengaruhi proses metabolisme tubuh. Sebab daging atau susu lama dicerna di dalam tubuh.

“Sehingga meninggalkan residu kimiawi yang bila tercampur dengan keringat dan bakteri menimbulkan bau tidak sedap,” ucap dokter.

Menurutnya, bau tak sedap muncul karena keringat dan adanya bakteri. Maka ketika seseorang usai makan makanan tersebut kemudian berkeringat, bisa membuat tubuh beraroma tak sedap. Namun selama bisa menjaga kebersihan badan dan menjaga kelembapan tubuh, bau tak sedap itu bisa diatasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here