6 HEWAN YANG DAPAT HIDUP ABADI

0
354

1. Tardigrada


Makhluk yang sering dijuluki beruang air atau babi lumut ini biasa ditemukan di air. Mereka mampu hidup dalam suhu beku (0°C) hingga diatas titik didih sekalipun (151°C). Juga bisa bertahan di ruang angkasa terutama di kondisi vakum, kebal terhadap paparan radiasi matahari, gamma dan ion.

Selain itu Tardigrada mampu menahan tekanan 6000kg/cm. Wow luar biasa bukan?. Karena kekuatan adaptasi luar biasa ini, tardigrada bisa hidup abadi dan kamu dapat menemukan hewan ini dimana saja termasuk didalam tubuh kita.

 

2. Ubur-ubur abadi


Ubur-ubur abadi juga termasuk makhluk mikro dengan ukuran sekitar 4 sampai 5 mm. Habitat aslinya berasal dari laut Karibia dan sekarang sudah menyebar diseluruh dunia.

Ubur-ubur yang memiliki bahasa latin Turritopsis nutricula ini memiliki kemampuan tersendiri yang membuatnya dapat hidup abadi yaitu kemampuan meregenerasi sel-sel tubuhnya menjadi baru secara berkala sehingga terhindar dari penuaan.

3. Lobster


Bagi penggemar sea food tentunya sudah tidak asing dengan hewan ini. Dibalik kelezatannya ternyata hewan ini juga memiliki kemampuan untuk hidup abadi. Menurut penelitian lobster dapat tumbuh semakin besar dan kuat tanpa batas seiring bertambahnya usia.

Hal yang membuatnya abadi terletak pada produksi Enzim Telomerase dalam tubuhnya yang terjadi secara konstan. Enzim ini mampu melindungi DNA dari degradasi sehingga penuaan tidak akan terjadi. Lobster terbesar pernah ditemukan di Nova Scotia Canada pada tahun 1977, yang memiliki berat 20 kg dan diperkirakan berumur 100 tahun.

 

4. Kura-kura


Kura-kura memang hewan yang terkenal dengan umurnya yang panjang, karena mereka memiliki kemampuan mengabaikan penuaan “negligible senescence” dan akan terus tumbuh walaupun sudah melewati masa kematangan seksual.

 

5. Cacing Pipih


Hewan melata yang sering disebut cacing planaria ini memiliki metode unik untuk terhindar dari penuaan yaitu dengan cara membelah diri. Ketika tubuh mereka terbelah mereka akan meregenerasi sel-sel tubuhnya menjadi baru, merekonstruksi ulang bagian-bagian tubuhnya seperti otot, kulit, usus bahkan otak.

Walaupun kamu mutilasi menjadi banyak bagian, mereka akan tetap bisa meregenerasi menjadi individu-individu baru, hal ini dikarenakan sel-sel induk yang terdapat diseluruh tubuh mereka.

 

6. Hydra


Hydra adalah kelompok hewan invertebrata yang berbentuk tabung kecil dengan tentakel panjang dari salah satu ujungnya. Panjang mereka hanya sekitar 0,4 inci (10 milimeter) dan memakan hewan air yang lebih kecil. Hydra dikenal karena kemampuan regeneratif mereka. Sebagian besar sel-sel tubuh mereka adalah sel induk.

Sel-sel ini mampu membelah terus menerus menjadi semua jenis sel dalam tubuh. Pada manusia, sel ini mirip seperti “totipoten” sel-sel yang hadir hanya dalam beberapa hari pertama dari perkembangan embrio. Sebaliknya, Hydra terus memperbaharui tubuh mereka dengan sel-sel segar sehingga memungkinkan mereka untuk hidup abadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here