TAU KAH KAMU? TERNYATA MIE INSTAN MEMILIKI MANFAAT BAGI TUBUH, BERIKUT PENJELASANNYA!

0
512

Siapa yang tidak mengenal dan tidak pernah mencicipi mie instan, sajian makanan berbentuk mie yang siap menemani dan bisa dinikmati kapan saja di saat lapar datang melanda. Apalagi di saat tanggal tua, tidak banyaknya uang yang kita miliki, mie instan selalu bisa menjadi solusi yang terbaik yang bisa dinikmati.

Biasanya mie instan sangat identaik dengan yang namanya anak kost. Karena disaat tanggal tua tiba, anak kost berbondong-bondong membeli mie instan untuk stok makanan di kala dompet sudah tak kuasa mengeluarkan biaya untuk membeli makanan yang mahal lagi.

Mie instan adalah mie yang sudah dimasak terlebih dahulu dan dicampur dengan minyak, dan bisa dipersiapkan untuk konsumsi hanya dengan menambahkan air panas dan bumbu – bumbu yang sudah ada dalam paketnya. Cara yang cukup mudah yang bisa dilakukan untuk menikmati kenikmatan yang hakiki dari mie instan itu sendiri.

Namun, tahukah kamu bagaimana sejarah dari mie instan? Tahukah kamu apa saja manfaat dari mie instan? Serta apa saja fakta-fakta menarik yang ada tentang mie instan? untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya berikut ini.

 

1.  Sejarah Perkembangan Mie Instan Dan Penemunya

Barang kali kita pantas berterima kasih kepada Mamofuku Ando, orang Jepang kelahiran Chiayi, Taiwan. Berkat kerja keras dan jerih payahnya kita sekarang bisa menikmati kelezatan mie instan. Makanan cepat saji dengan banyak penggemar, yang masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an. Mie instan rupanya berasal dari Jepang, berkat jasa dari seorang kakek bernama Momofuku Ando, yang lahir di Taiwan pada tahun 1911. Dia dipercaya menjadi orang pertama yang membuat mie instan.

Ditinggal orang tuanya, Ando (panggilan akrabnya) yang baru berumur 3 tahun, harus membantu neneknya mengurusi rumah. Balita ingusan itu harus menjaga toko, belum lagi untuk mencuci pakaian dan memasak. Hasilnya positif, dia pun menjadi pintar memasak, namun sebaliknya sekolahnya malah terlantar. Profesi sebagai seorang pedagang ialah impiannya. Harta peninggalan orang tuanya pun digunakan untuk berdagang pakaian rajutan di Taiwan dan Osaka, Jepang. Usahanya terbilang maju. Ia pun bisa kembali ke bangku sekolah menyelesaikan pendidikan yang sempat terbengkalai.

Namun, di dalam perjalannya, ia dituduh korupsi dalam perdagangan senjata dan onderdil pesawat terbang. Ia lantas dijebloskan ke penjara. Setelah 2 tahun hidup di Hotel Prodeo, ia lalu dibebaskan. Pada 1956, satu-satunya harta yang tertinggal hanyalah rumah. Masa itu Amerika Serikat sedang gencar-gencarnya menyumbangkan gandum ke Jepang yang sedang dalam paceklik pangan. Harga terigu menjadi murah. Pemerintah Jepang pun menganjurkan rakyatnya mengkonsumsi roti dan terigu sebagai pengganti nasi. Melihat banyak orang melahap mie, di dekat toserba Hankyu, Osaka, pikiran Ando pun terbuka. Ia berfikir, mengapa tidak membuat mie dari terigu? Bukankah orang Jepang sangat menyukai mie? Apalagi mie dirasa enak, murah, tahan lama, dan tidak sulit dalam mengolahnya.

Ide liar itu pun terus bergulir di benaknya. Cuma ia tidak mau membuat mie biasa yang sudah banyak beredar di pasaran. Ia ingin membuat mie dalam bentuk lain yang enak, lebih cepat, mudah diolah, serta gampang didapat dimana-mana.

Secara perlahan namun pasti, Ando mulai mewujudkan impiannya, dengan membeli mesin pembuat mie, dan bereksperimen membuat mie instant di emper halaman belakang rumahnya. Mula-mula mie digoreng agar lebih awet, gurih, dan cepat diolah.

Lalu, dia menimbang-nimbang rasa yang pas untuk kuah mie racikannya itu, dan akhirnya dipilihlah kuah ayam, karena kuah itu merupakan kuah netral yang disukai semua orang. Ando membawa contoh mie instannya ke sebuah toko serba ada. Ternyata, semuanya ludes hari itu juga tanpa sisa. Kejadian itu terjadi pada tahun 1958. Emperan rumahnya tak kuasa menampung pesanan, dia pun memindahkan usahanya ke sebuah gudang kosong di Osaka. Di sana Ando membuat mie instan dengan dibantu oleh keluarganya. Sejak itulah perusahaan-perusahaan besar berebut ingin menjadi penyalur mie instannya.

Pada bulan Desember 1958, Ando menamai perusahaannya dengan nama Nissin Foods?. Beberapa bulan kemudian ia pindah ke sebuah pabrik seluas 20 hektar. Tahun 1960, ia membuka pabrik kedua, dan tahun berikutnya lahir pabrik baru lagi. Usahanya lewat mie instan pun semakin berkembang. Meski mie instant laris manis, ia tak bosan-bosan bereksperimen untuk terus memperbaiki mutunya. Bahkan, ada keinginan memperkenalkan dan mejualnya hingga ke luar negeri.

Untuk menjajaki kemungkinan itu, ia pergi berkeliling Eropa dan Amerika tahun 1966. Disana ia melihat orang makan mie dengan garpu, tanpa kuah, dan memakai piring, karena menyeruput mie dianggap tidak sopan. Lalu dia juga mengamati ada kaldu yang bisa dilarutkan dengan air panas, tanpa harus dimasak. Ada gelas kertas sekali pakai, dan juga kertas aluminium sebagai wadah kedap udara.

Ando pun mendapat ilham kembali untuk membuat mie instant dalam wadah berbahan styrofoam, yang lantas ditutup rapat dengan lembaran aluminium foil. Mie gelas itu tidak perlu dimasak, cukup diseduh. Supaya tidak hancur terkocok-kocok, mie dibuat lebih tebal, disediakan pula garpu untuk memakannya. Inilah mie instan gelas yang kita kenal sekarang.

Di puncak keberhasilannya, Ando yang pada tahun 1988 genap berumur 77 tahun, membuka Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Momofuku Ando meninggal karena gagal jantung pada tanggal 5 Januari 2007 saat umurnya 96 tahun. Ando sempat berkata bahwa rahasianya berumur panjang adalah dengan bermain golf dan memakan ramen ayam hampir setiap hari. Bahkan dia masih memakan ramen ayam sehari sebelum dia meninggal. Setelah kita membahas tentang sejarah perkembangan dari mie instan beserta dengan penemunya, ada baiknya juga kalau kita membahas tentang manfaat dan juga bahayanya memakan mie instan. Berikut ulasannya.

 

2. Manfaat Mengkonsumsi Mie Instan

Bukan hal yang aneh lagi jika mie instan merupakan salah satu makanan paling favorit di dunia. Sangat sulit untuk menolak godaan dari mie instan ini. Tidak dapat dipungkiri juga kalau kita tidak bisa terlepas dari kenikmatan mie instan itu sendiri. Kandungan gizi yang ada dalam makanan ini cukup lengkap seperti adanya kandungan protein, karbohidrat, kalium, lemak, kalsium, vitamin A, C, D, B6, B12, zat besi, magnesium, yang semuanya sangat bermanfaat sebagai asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan ini juga dapat membantu menambah nafsu makan, mengontrol berat badan, dan menunjang aktifitas dalam tubuh. Untuk kamu yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat mie ini, berikut inilah manfaatnya :

  • Menunjang Aktifitas Tubuh

Manfaat mie instan yang pertama adalah dapat membantu menunjang aktifitas tubuh. Oleh karena itu, kamu dapat mengkonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan kandungan kalori yang ada dalam makanan ini terbukti mampu menunjang tubuh agar bisa melakukan berbagai jenis aktifitas sehingga tubuh akan berfungsi secara maksimal.

  • Menunjang Pertumbuhan

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangatlah diperlukan untuk sistem perkembangan tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini. Dengan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya akan membantu menunjang masa pertumbuhan sehingga kamu bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

  • Sumber Energi Tubuh

Selain bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan, mie juga dibutuhkan sebagai sumber energi tubuh. Maka dari itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai sumber energi tubuh. Hal ini dikarenakan dalam makanan ini mengandung kalori yang berfungsi sebagai sumber tenaga sehingga mampu mendorong tubuh agar bisa melakukan berbagai macam kegiatan.

  • Menambah Nafsu Makan

Jika kamu sering bermasalah karena nafsu makan semakin berkurang maka kamu bisa mengkonsumsi makanan ini. Kandungan yang ada di dalamnya mampu menambah dan menstabilkan nafsu makan sehingga akan mengembalikan nafsu makan kamu seperti sebelumnya.

  • Memenuhi Asupan Nutrisi Bagi Tubuh

Untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh, kamu bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam gizi yang ada di dalamnya seperti kandungan vitamin A dan C. Untuk itu, bisa mengkonsumsi mie ini. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh sehingga asupan nutrsi dalam tubuh akan selalu terpenuhi.

  • Mengontrol Berat Badan

Kandungan rendah kalori yang ada dalam makanan ini juga mampu mengontrol berat badan. Tanpa adanya kandungan kalori maka tubuh tidak akan memiliki sumber energi. Hal inilah yang menyebabkan perhitungan kalori sangat penting untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi makanan ini sebagai menu makanan untuk mengontrol berat badan.

Ternyata banyak juga ya manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi mie instan. Selanjutnya, mari kita bahas tentang fakta-fakta menarik yang ada tentang mie instan.

 

3. Fakta Tentang Mie Instan Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Mungkin kamu pernah mendengar kalau makan mie instan bisa menyebabkan kanker, atau masalah kesehatan lainnya. Tapi, jika kamu mengetahui tentang fakta mie instan berikut ini, kamu akan merasa aman dan tidak perlu takut lagi untuk mengkonsumsi mie instan. Berikut fakta-faktanya :

 

  1. Styrofoam Yang Digunakan Untuk Kemasan Mie Instan Gelas Tidaklah Berbahaya

Hal pertama yang sering dianggap menakutkan bagi para pecinta mi instan adalah kemasan berbahan styrofoam yang digunakan sebagai wadah mie instan cup yang banyak beredar. Ada yang mengatakan bahwa styrofoam itu berbahaya bagi tubuh, jadi tidak dianjurkan untuk memakan mie instan cup dengan kemasan styrofoam. Namun, nyatanya anggapan tersebut adalah salah besar.

Kemasan mie instan cup terbuat dari styrofoam atau expandable polystyrene yang khusus dipergunakan untuk makanan. Styrofoam ini sendiri sudah melewati berbagai penelitian dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan Kementerian Lingkungan Jepang hingga akhirnya dinyatakan memenuhi syarat sebagai kemasan produk pangan.

Jadi, kemasan mie instan yang berbahan dasar styrofoam itu tidaklah berbahaya. Jika memang berbahaya, tidak mungkin BPOM selaku Badan Pengawas malah mengizinkan mie instan cup ini untuk di distribusikan.

 

  1. Memasak Mie Instan Sekaligus Tidaklah Menyebabkan Kanker

Satu lagi anggapan yang salah mengenai mie instan dimana banyak orang yang mengatakan kalau memasak mie instan beserta dengan bumbunya sekaligus dapat menyebabkan kanker adalah salah besar. Nyatanya, memasak mie instan langsung dengan bumbunya tidaklah menyebabkan kanker.

Faktanya, alasan sebenarnya kenapa kamu sebaiknya jangan memasak mie instan sekaligus dengan bumbunya adalah karena mie instan biasanya dianjurkan di masak dengan kuah sebanyak 400cc. Tapi karena kita biasanya memasak mie instan tanpa takaran yang pas, maka jika bumbu sudah tercampur dengan kuah mie instan yang terlalu banyak saat dimasak rasanya tidak akan pas sehingga tidak terlalu enak untuk dinikmati.

 

  1. Mie Instan Tidak Mengandung Zat Lilin Sama Sekali

Ada lagi yang mengatakan bahwa mie instan sebenarnya mengandung zat lilin. Anggapan ini sebenarnya salah, karena yang digunakan sebenarnya bukanlah zat lilin, melainkan minyak sehingga mie instan yang ada dalam kemasan sama sekali tidak lengkaet satu sama lain. Pada saat proses pembuatannya, mie instan melalui proses deep frying yang bertujuan untuk mengurangi kadar air dan membuat mie instan tetap awet. Dari proses inilah, minyak terserap ke dalam adonan mie instan dan akhirnya dikeluarkan pada saat pemasakan. Jadi, sudah terbukti bahwa mie instan tidak lengket karena minyak bukan disebabkan penggunaan zat lilin oleh produsen.

 

Itulah fakta tentang mie instan yang harus kamu ketahui agar tidak salah tanggap mengenai makanan nikmat yang satu ini. Jadi kamu bisa dengan bebas mengkonsumsi makanan penolong tanggal tua ini hehehe…

Apakah kamu juga salah satu penggemar mie instan? Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kamu ya. Terima kasih sudah membaca 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here