KALENG PADUAN SUARA? INILAH YANG DISEBUT PAREDOLIA

0
486

Coba kalian lihat ke langit sekarang. Terkadang, dari barisan awan-awan yang berjajar kita seolah-olah melihat bentuk mobil, kue, kelinci bahkan wajah seseorang. Gak heran, jika seringkali apa yang dilihat orang-orang di awan ini dianggap sebuah penampakan yang fenomenal dan dihubungkan sama dunia gaib.

Padahal, fenomena ini bukanlah hal gaib, melainkan bisa dijelaskan secara ilmiah dan disebut pareidolia.

Pareidolia adalah fenomena mengenali pola, bentuk dan benda-benda yang sering ditemui, secara samar dan kadang secara acak. Pareidolia adalah hasil dari otak manusia yang mencoba untuk mencari obyek yang masuk akal dan pernah ditemui sebelumnya. Hal inilah yang menjelaskan mengapa sering kali orang-orang mengaku seperti melihat bayangan hantu atau benda luar angkasa dalam foto yang tak seberapa jelas. Kamu pasti tidak hanya sekali mengalaminya kan?

Menurut para psikolog, Pareidolia adalah efek samping dari otak manusia perlu waktu cepat mengenali obyek tertentu seperti wajah dan tubuh manusia. Wajah dan tubuh manusia adalah hal yang sangat akrab di kehidupan kita sehari-hari.

Makanya kita punya pengalaman untuk mengenali wajah manusia lebih cepat daripada bentuk lainnya pada obyek yang acak. Kamu juga perlu tahu kasus-kasus pareidolia yang terkenal di dunia.

Salah satunya adalah di tahun 2004, seorang wanita asal Florida bernama Diane Duyser, berhasil menjual sepotong sandwich panggang keju dengan harga US$28,000 (atau sekitar Rp397 juta) di eBay karena ia mengklaim adanya penampakan wajah Bunda Maria pada sandwich buatannya tersebut. Wow, ada juga yang mau beli ya?

NASA telah menjelaskan bahwa wajah tersebut hanyalah hasil trik pencahayaan dan bayangan saat pengambilan foto. Namun, tetap saja masyarakat percaya bahwa wajah itu adalah wajah alien yang tinggal di Mars sana.

Pareidolia memang sangat mudah kita jumpai sehari-hari. Apakah kamu pernah menemukannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here