Sudah Ngerasa Cukup Tidur Tapi Masih Sering Ngantuk? Jangan Jangan Kamu Mengidap HIPERSOMNIA

0
438

Kamu sering ngantuk di siang hari? Hati-hati dengan hipersomnia nih guys! gejala kantuk berlebihan yang biasa terjadi pada remaja. Kondisi ini membuat seseorang mengalami kesulitan untuk tetap terjaga di siang hari. Gejala hipersomnia atau memang kamu hanya sekadar malas hadapi kehidupan saja ya? hehe

Nah, Hipersomnia sendiri adalah kantuk berlebihan, terlihat dari tidur malam yang berkepanjangan, sulit mempertahankan keadaan terjaga pada siang hari, atau tidur yang tidak diinginkan pada siang hari.

Menurut World Sleep Foundation, ada tiga tipe hipersomnia nih guys yaitu hipersomnia berulang, idiopatik dan post-trauma. Hipersomnia berulang memiliki gejala terjadi kantuk hebat berulang tanpa kenal waktu. Penderitanya bisa tidur 16-20 jam sehari. Hipersomnia idiopatik adalah gangguan neurologis, di mana penderitanya tidur malam dalam jangka waktu lama tetapi tidak menyegarkan. Wahh.. kamu salah satunya bukan nih?

Sehingga, terjadi siang hari tetap mengantuk meski sudah tidur siang dalam waktu lama, penderita tetap merasa kurang tidur. Hipersomnia post-trauma, terjadi pada orang yang mengalami cidera otak atau syaraf di kepala. Biasanya, hipersomnia jenis ke-3 sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu atau bulan atau ketika cideranya sembuh. Tapi tetap harus konsultasi ke dokter ya guys!

 

Bagaimana Cara Mengatasi Hipersomnia?

Image : Detik Health

Hipersomnia dapat diatasi dengan beberapa metode nih guys. Penggunaan obat yang bersifat stimulan juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa mengantuk dan membantu agar tetap terjaga pada siang hari.

Perubahan gaya hidup merupakan hal yang penting nih dalam proses penanggulangan, salah satunya dengan membentuk jadwal tidur yang teratur. Terapkan pola sleep hygiene

dengan menghindari aktivitas yang dapat mengurangi waktu tidur Anda. Serta ciptakan kamar tidur yang nyaman untuk terlelap seperti menggunakan bantal dan jauhkan sumber distraksi yaa!

Individu yang mengalami hipersomnia juga dianjurkan untuk mengurangi merokok dan konsumsi alkohol serta mengonsumsi diet seimbang untuk menjaga metabolisme dan tingkat energi. Sebagian besar kondisi hipersomnia dapat teratasi dengan perubahan gaya hidup ya, karna gaya hidup yang sehat dapat berpengaruh terhadap tubuh kita lohh…

 

Nah itu dia artikel tentang hipersomnia, apakah kalian salah satunya?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian ya 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here