MITOS ATAU FAKTA PAKAI KACAMATA BIKIN MINUS MATA BERTAMBAH

0
159

Kacamata memang bisa membantu penderita mata minus dalam melihat. Namun sayangnya, tak jarang masih ada anggapan kalau menggunakan kacamata justru bisa menambah minus pada mata. Benarkah demikian?

Menjawab mitos atau fakta terkait penggunaan kacamata menambah minus, dr. Sharita Siregar, SpM, dokter kornea katarak dan bedah refraktif mengatakan hal tersebut tidak benar. Bertambahnya minus bukan bergantung pada kacamata, tetapi disebabkan oleh kebiasaan yang kurang baik.

“Bagi orang yang pakai kacamata kalau bisa kebiasaan sehari-hari tidak boleh jelek, contoh tidak boleh baca sambil tiduran atau di depan komputer jangan lebih dari 4 jam, seakan tidak ada istirahatnya, kemudian jangan baca di tempat gelap,” kata dr. Sharita Siregar, SpM, dokter kornea katarak dan bedah refraktif, saat ditemui di acara Eyes Talk ‘A to Z About Your Eyes’ di Universitas Mercubuana.

Ia mengatakan kebiasaan tersebut membuat otot mata cepat lelah dan inilah yang menyebabkan minus bisa bertambah. Selain kebiasaan buruk, jika merasa mulai tak enak mengenakan kacamata, harus segera diganti. Itulah alasan seseorang harus rajin cek setiap 6 bulan sekali.

Untuk mendukung mata agar lebih sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi vitamin A yang ada pada wortel dan apel. Lalu asupan lainnya bisa mengonsumsi suplemen lutein yang sudah dijual dimanapun.

“Konsumsi omega 3 juga sangat penting untuk mencegah mata kering, bisa dari telur ikan, paling banyak biasanya ada di minyak ikan,” ujar dr. Sharita Siregar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here