KHASIAT BUAH DELIMA UNTUK KECANTIKAN

0
234

Channel-e.id – Sejak jaman Yunani Kuno, wanita kerajaan menggunakan buah delima untuk merawat kecantikan. Dalam industri kecantikan masa kini, buah delima juga dijadikan bahan baku pewarna kosmetik dan campuran prouduk-produk perawatan kulit.

Penelitian modern menunjukkan bahwa delima memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja sih khasiat delima untuk kecantikan?

1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang berlimpah pada buah delima, sering digunakan untuk melawan berbagai tanda penuaan dini. Buah delima juga membantu untuk mempertahankan regenerasi sel-sel kulit dan mencegah hiperpigmentasi penyebab terjadinya bintik-bintik gelap pada kulit. Karena itu, rutin mengkonsumsi jus buah delima dapat membantu memperlambat proses penuaan dengan mengurangi keriput dan garis-garis halus yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

 

2. Menyamarkan Bekas Luka

Minyak biji delima dan ekstraks delima kerap ditambahkan pada produk kosmetik untuk menyamarkan bekas luka. Nutrisi yang terkandung di dalam minyak delima dipercayasangat baik untuk meningkatkan regenerasi sel kulit di lapisan epidermal dan lapisan dermal kulit. Dengan mengoleskan minyak biji delima pada bagian tubuh yang luka, diyakini akan mempercepat penyembuhannya, dan menghilangkan bekas hitam karena luka tersebut. Baik itu luka yang disebabkan karena kecelakaan atau luka bekas operasi. Buah delima juga mengatasi kulit terbakar akibat paparan sinar matahari.

 

3. Menjaga Kehalusan Kulit dan Kelenturan Kulit

Buah delima membantu menjaga kualitas dan memperpanjang daya hidup Fibroblas, yang penting dalam memproduksi kolagen dan elastin pada tubuh. Kolagen dan elastin ini bertugas untuk mengencangkan kulit dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan. Kolagen dan elastin juga memberikan kekuatan, kekenyalan, dan keremajaan pada kulit.

 

4. Jangan buang kulit delima! ini lho manfaat dan khasiatnya..

Kaya Vitamin C

Kulit delima memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan kadarnya hampir sama dengan yang terkandung dalam daging buahnya. Vitamin C merupakan agen pertumbuhan luas yang membantu menyembuhkan luka dan membentuk jaringan parut. Membentuk Protein untuk membangun massa tubuh dan merupakan pemain penting dalam perbaikan dan pemeliharaan tulang rawan, tulang dan gigi.

Membantu melembabkan Kulit

Kulit delima mengandung asam elagat (ellagic acid) yang efektif mengunci kelembaban di sel-sel kulit dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Oleh karena itu kulit delima mampu membantu mencegah kulit kekeringan yang artinya kulit delima dapat mencegah kerusakan kulit.

Tabir surya Alami

Tingginya kandungan antioksidan kuat yang disebut polifenol, khususnya asam elagat (ellagic acid), adalah penangkal radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh, kulit dapat memproteksi diri dari sinar ultra Violet A (UVA) dan sinar Ultra Violet B (UVB) dari sinar matahari. Dalam satu penelitian, penggunaan ekstrak kulit delima ketika digunakan bersama dengan tabir surya, dapat meningkatkan Usn Protection Factor (SPF) hingga 20%

Kiat Mengolah Kulit Buah Delima

Mendapatkan manfaat kulit delima untuk kecantikan tidaklah sulit, dapat dilakukan sendiri di rumah. Kulit buah delima dapat diolah menjadi bubuk yang nantinya dapat diaplikasikan sebagai masker ataupun scrub. Caranya adalah :

  • Siapkan satu buah delima yang telah matang
  • Ambil kulit bagian luarnya (bagian yang agak keras), bagian dalam yang berwarna putih seperti selaput yang memisahkan biji-biji delima, tidak digunakan karena dapat menimbulkan reaksi alergi pada kulit.
  • Keringkan kulit yang telah dipisahkan tadi dengan menjemurnya dibawah sinar matahari langsung selama 2-3 hari. Bersihkan kembali kulit delima kering dari debu dengan sikat kering.
  • Setelah siap, kulit buah delima bisa dihaluskan dalam keadaan kering menggunakan food processor, hingga menjadi bubuk.
  • saring bubuk kulit delima hingga menghasilkan serbuk berbutiran halus.
  • Simpan dalam Toples kedap udara. Serbuk kulit delima siap digunakan.

(Channel-e.id – IEI)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here