Makanan Unik Khas Daerah yang Sudah Jarang Ditemui. Beberapa Bahkan HAMPIR PUNAH loh!

0
187

Channel E – Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak sumber warisan budaya. Salah satu yang termasuk dalam warisan budaya Indonesia adalah beragamnya makanan tradisional khas daerah di Indonesia. Makanan – makanan tersebut tak luput dari ciri khas nya masing – masing loh.

Ngomong – Ngomong soal kuliner memang selalu menyenangkan yaa.. apalagi makanan yang enak dan sesuai selera pastinya membuat perut kita keroncongan dong yaa. Tetapi nih, pada jaman sekarang susah sekali menemukan makanan unik khas daerah. Kalau bukan karena acara – acara adat tertentu pasti langka banget ya cari makanan khas daerah. Nah berikut ini Channel E akan membahas tentang Makanan Unik Khas Daerah yang sudah jarang ditemui nih, bahkan hampir punah lhoo. Mau tau apa aja? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Sayur Babanci, Khas Betawi

Gambar istimewa

Makanan unik khas daerah yang pertama adalah Sayur Babanci. Kalian pernah denger gak sih tentang makanan yang satu ini? Hayooo… jangan heran ya guys sama namanya yang unik dan jangan heran juga kalo menikmati sayur ini tetapi tidak ada satupun sayuran didalamnya. Yaps, namanya sayur babanci. Isi dari makanan ini sendiri adalah daging sapi, kelapa muda dan petai yang disiram dengan kuah asam peda bersantan.

Dari tampilannya saja nih, pasti sudah membuat kalian menelan ludah dan berhasil membuat perut kalian keroncongan. Karena rasanya yang sangat khas dengan kuah gurih dan kentalnya santan. Wahhhh.. enak banget yaa guys! Tapi sayang nih guys, sayur babanci ini sudah jarang ditemui dibeberapa warung makan maupun restoran betawi. Biasanya nih sayur ini dibuat saat ada beberapa hajatan dan acara adat betawi aja nih.

Jadi kalau kalian ingin menikmati makanan khas betawi yang satu ini harus rela menunggu gelaran akbar, hajatan, dan acara adat betawi yang lainnya yaaa. Namun kalian bisa juga mencoba membuat makanan yang satu ini, hitung – hitung mengobati kerinduan nikmatnya makanan yang satu ini yaa.

 

2. Gulo Puan, Khas Palembang

gambar istimewa

Makanan unik khas daerah yang kedua adalah Gulo Puan. Hmmm… kalian pernah denger gak nih? Dilihat dari namanya tentu saja bahan dasar makanan ini adalah gula ya guys. Karena berbahan dasar gula, makanan khas palembang ini sangatlah manis. Banyak masyarakat yang menyebut gulo puan sebagai kejunya Sumatera Selatan. Menariknya nih guys, makanan yang hampir punah ini dulunya adalah makanan para raja loh.

Bahan utama pembuatan gulo puan ini adalah gula pasir dan susu kerbau, itulah yang membuat makanan ini unik karena berbahan dasar susu kerbau hehe. Dibutuhkan waktu tiga sampai empat jam loh guys untuk mengolah makanan ini. Selama itu pula adonan harus terus diaduk secara terus menerus agar tidak gosong mengingat rasanya yang manis dan mudah terbakar. Tetapi makanan ini sudah jarang ditemui nih guys karena bahan dasarnya yaitu susu kerbau yang susah dicari. Kalian yang mau coba gulo puan harus menunggu acara adat dan hajatan aja jika ingin mencobanya. Yahhh sayang sekali ya..

 

3. Bubur Bassang, Khas Makasar

gambar istimewa

Makanan unik khas daerah selanjutnya adalah Bubur Bassang. Makanan ini berasal dari Sulawesi khususnya daerah Makasar. Nama Bassang sendiri diambil dari kata yang memiliki arti kenyang. Makanan ini berbahan dasar jagung pulen dan santan yang disajikan dalam bentuk bubur. Biasanya bubur ini disajikan sebagai menu sarapan di Makasar.

Karena sudah jarang ditemui dan sedikit peminatnya, maka beberapa pedagang bubur ini memberikan inovasi berupa tambahan topping coklat agar tampilannya lebih menarik. Nah kalian harus coba bubur ini ya kalau lagi jalan – jalan ke Makasar.

 

4. Mie Lethek, Yogyakarta

gambar istimewa

Makanan unik khas daerah yang terakhir adalah Mie Lethek. Makanan khas masyarakat Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah salah satu makanan unik khas daerah di Indonesia. Namanya yang unik ini terinspirasi dari tampilan mie itu sendiri yang dianggap kurang menarik. Jika dilihat sepintas nih guys, mie lethek ini berwarna hitam dan kurang menggugah selera setiap orang yang melihatnya.

Lethek dalam bahasa jawa adalah kurang menarik atau biasa menyebut ampas kopi. Mie ini berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek. Tetapi kalian jangan meremehkan mie yang satu ini ya guys, dibalik tampilan nya yang kurang menarik tetapi jangan ragukan soal rasa nya yang juara. Warna kuning gading dan agak kusam ini justru yang membuatnya melegenda loh guys.

Seperti mie pada umumnya, mie lethek ini dapat diolah dengan cara digoreng atau direbus. Jika sudah diolah orang – orang akan lupa dengan tampilannya yang kusam itu, justru wanginya yang menggoda serta rasa yang menggoyang lidah inilah yang menjadi buruan banyak orang loh.. kalian kalau ke Yogya harus coba ya

 

Nah itu dia maknan unik khas dari berbagai daerah di Indonesia versi Channel E. Apakah kalian mencoba salah satu diantaranya?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya 🙂

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here