INILAH BAHAYANYA JIKA MENGGUNAKAN KUKU PALSU! PEREMPUAN WAJIB TAU

0
240

Channel E – Bagi wanita, tampilan bisa menjadi suatu kebutuhan atau prioritas. Bukan hanya wajah saja lho, ternyata wanita juga memperhatikan kuku nya. Itu sebabnya, kuku palsu dipilih demi mempercantik jari tangan.

Sebelum menetapkan untuk menggunakan kuku palsu, ada baiknya jika kamu memahami berbagai risiko yang mungkin terjadi dibalik cantiknya memasang kuku palsu. Ya terbilang cukup aman, kuku palsu tetap membawa beberapa dampak negatif. Karena kuku palsu ini menggunakan bahan kimia yang bisa merusak kesehatan kuku dan kulit tangan disekitarnya. Nah kali ini Channel E akan membahas bahaya yang ditimbulkan jika menggunakan kuku palsu. Simak penjelasannya berikut ini yaa..

 

1. Kuku Menjadi Rusak

gambar istimewa

Proses pemasangan kuku akrilik akan mengikir kuku asli kamu loh. Setelah itu, kuku kamu akan dilapisi oleh bahan kimia. Kedua proses ini bisa membuat kuku kamu menjadi tipis. Selain itu, jika kamu ingin melepasnya proses menghapus kuku palsu berbahan akrilik atau gel juga bisa membuat kuku kasar dan semakin tipis.

Biasanya kuku akan direndam dalam aseton selama 10 menit atau lebih. Paparan bahan kimia tersebut yang bisa membuat lapisan kuku kamu semakin kering dan kasar. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus tanpa perawatan yang tepat, kuku akan mudah sekali rapuh dan patah.

 

2. Infeksi

gambar istimewa

Meski jarang terjadi, kuku palsu bisa meningkatkan risiko infeksi pada kuku loh. Pemakaian kuku akrilik menyebabkan adanya celah pada kuku. Area tersebut sangat mudah lembab, sehingga memungkinkan bakteri dan jamur berkembang. Jika kondisi ini terus berlanjut, infeksi bakteri dan jamur bisa saja terjadi.

Infeksi bakteri pada kuku, akan menyebabkan kuku merah, bengkak dan bernanah. Sementara infeksi jamur akan membuat kulit sekitarnya menjadi gatal dan kuku berubah menjadi kekuningan dan mudah rapuh.

 

3. Alergi

gambar istimewa

Beberapa orang tertentu mungkin alergi terhadap bahan dari kuku palsu. Bahan kimia yang ada dalam kuku palsu ini bisa mengiritasi. Jika kamu termasuk orang dengan tipe kulit sensitif, ini adalah salah satu bahaya untuk kamu. Pasalnya kuku palsu kemungkinan akan bereaksi terhadap kulit kamu, misalnya kuku memerah, gatal dan bengkak

 

4. Cara Meminimalisasi Bahaya Menggunakan Kuku Palsu

gambar istimewa
  1. Jangan terlalu sering menggunakan kuku palsu. Sesekali biarkan kuku kamu bersih dari gel, cat ataupun akrilik. Manfaatkan penggunaan kuku palsu hanya untuk menghadiri acara tertentu seperti pernikahan, wisuda dll.
  2. Pilih salon kuku yang menggunakan sinar LED. Ini penting loh, karena lebih baik mengeringkan kuku gel buatan dengan sinar LED ketimbang sinar UV. Sinar LED memancarkan radiasi yang lebih rendah dibanding sinar UV.
  3. Minta petugas salon untuk pemakasian kuku palsu. Sebelum ditempelkan pada kuku, jangan lupa nih untuk membersihkan kuku kamu terlebih dahulu.

 

Nah itu dia informasi tentang kuku palsu yang kalian perlu ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, happy reading 🙂

 

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here