5 MAKANAN KHAS BETAWI YANG SUDAH JARANG DITEMUI, KAMU WAJIB COBA NIH!

    0
    252

    Suku Betawi adalah sebuah suku bangsa di Indonesia yang penduduk umumnya bertempat tinggal di Jakarta. Kebudayaan Betawi memang menarik. Nggak cuma dari segi seni dan budayanya loh. Ternyata betawi juga sangat terkenal akan kelezatan dan cita rasanya yang gak perlu diragukan lagi rasanya. Nggak percaya? Nah berikut ini Channel E akan membahas tentang 5 makanan khas betawi yang sudah jarang ditemui. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

     

    1. Gabus Pucung

    gambar istimewa

    Sayur pucung merupakan salah satu jenis santapan Betawi yang semakin sulit ditemui. Ini merupakan jenis makanan berupa ikan gabus yang disiram dengan kuah pucung-kuah warna hitam pekat karena dibuat dari buah kluwak. Karena sekarang ikan gabus bisa dibilang langka, tanpa mengurangi rasanya, penggunaan ikan gabus bisa diganti dengan ikan gurame. Melihat rupa sayur pucung yang hitam pekat, mengingatkan kita pada masakan khas Jawa Timur, rawon yaa.

     

    2. Kue Cente Manis

    gambar istimewa

    Kue cente adalah kue khas Betawi yang dibuat dengan bahan seperti tepung hunkwe, santan, gula, dan bulir cente manis atau sagu mutiara yang sudah matang. Kemudian bahan-bahan ini dibungkus dalam bungkus plastik lalu dikukus dan jadilah makanan khas betawi manis ini

     

    3. Nasi Ulam

    gambar istimewa

    Salah satu nasi khas Betawi yang semakin sulit ditemukan adalah nasi ulam. Nasi dengan beragam lauk sebagai pelengkap hidangan ini telah lama menjadi favorit masyarakat Betawi. Nasi ulam di sini disajikan dengan berbagai macam lauk seperti telur dadar, cumi, semur tempe, semur tahu, tempe goreng, perkedel dan dendeng.

     

    4. Soto Tangkar

    gambar istimewa

    Soto tangkar adalah hidangan khas Betawi dan sekilas mirip dengan soto betawi. Kata “tangkar” berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga. Soto khas betawi satu ini biasanya dinikmati saat cuaca dingin atau saat hujan dengan tambahan nasi dan sambal merah pedas.

     

    Nah itu dia beberapa makanan khas betawi yang sudah jarang ditemui, kalian pernah coba gak guys? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua, Happy Reading

     

    (Channel E – DF)

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here