Media Sosial Bisa Mengganggu Kesehatan Mental

0
248

Channel E – Media sosial memang sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari tanpa sosial media kita akan merasa sangat hampa.

tapi ternyata menggunakan sosial media terlalu berlebihan bisa membuat mental kita menjadi terganggu lho..

Dilansir dari HAI Magazine, Menurut psikolog klinik, Scott Bea, PsyD mengatakan setidaknya ada lima dampak negatif media sosial terhadap kesehatan mental, jika kita terlalu banyak mengaksesnya

  1. harga diri berkurang

Di dalam sosial media orang-orang selalu memperlihatkan hal-hal terbaik dalam diri mereka,hal itu yang terkadang membuat kita mejadi teralalu membanding bandingkan dengan kehidupan seseorang secara terus-menerus dan bisa membuat kita merasa harga dirinya berkurang.

 

2.  Kecemasan

sosial media memaksa sebagian orang untuk terus mengaksesnya, karena ingin mengetahui hal-hal aktual. Sebab, mereka takut ketinggalan hal-hal baru.

bebrapa studi menunjukkan, bahwa rasa takut melewatkan sesuatu atau yang di sebut fear of missing out (FOMO)- terkadang bisa meningkatkan rasa ketidakpuasan atau kecemasan

 

3Gangguan tidur

kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah, seperti pengambilan keputusan yang tidak bijak, kecemasan, depresi, dan menurunnya kualitas kesehatan secara umum.

Para peneliti dari University of Pittsburg memelajari perilaku bermedia sosial dari 1.700 orang dewasa berusia 19 hingga 32 tahun.

 

4Menimbulkan rasa cemburu

ketika kita melihat salah satu teman kita atau kerabat kita berlibur atau membeli sesuatu yang baru dan mengunggah nya di media sosial,hal itu membuat kita jadi merasa sedikit cemburu atau iri dengan kondisi tersebut.

 

5. Membuat perilaku buruk terlihat keren

media sosial juga terkadang memberikan dampak negatif, pasal banyak kalangan muda yang mengunggah hal-hal negatif seperti, obat obatan,minuman dan beberapa hal negatif lain nya.

hal ini di lakukan agar seolah olah seseorang tersebut menjadi terlihat keren.Melihat hal-hal tersebut dari media sosial membuat mereka berisiko tertarik atau bahkan mengikuti perilaku buruk yang dilihatnya dari lini masa.

 

jadi untuk mencegah itu semua kita harus membatasi penggunaan sosial media atau bijak dalam menggunakan karna semua yang di buat itu memiliki sisi negatif dan positif nya guys..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here