6 FAKTA TENTANG BUDAYA JEPANG, YANG BUAT KITA TERCENGANG!!

0
488

Siapa sih yang gak tau negara yang terkenal keindahan bunga sakura ini… ternyata ya guys jepang masih kental dengan kebudayaan nya hingga sekarang. Dan inilah 6 fakta tentang budaya jepang, yang buat kita tecengang!!

 

1. Anime Jepang

Pasti kalian sudah tau apa itu anime atau kartun jepang. Anime biasanya terinspirasi dari komik jepang atau istilah jepangnya “manga” kemudian di animasikan dengan komputer dan ditambah efek grafis yang menarik.

Biasanya karakter dalam anime akan dikemas dengan mata yang besar di atas normal dan semua adegan akan selalu dilebih-lebihkan agar bisa lebih mendramatisir, ini adalah beberapa karakteristik anime.

Yang paling terlihat adalah warna rambut yang berwarna warni menggambarkan emosi karakter. Faktanya pada tahun 2016 anime jepang menyumbang 60% animasi kartun di seluruh dunia.

 

2. Berendam Air Panas

Yang unik dari budaya ini adalah aturan tidak diperbolehkannya sehelai kain pun menempel ketika berendam atau bisa dikatakan harus telanjang bulat.

Dan biasanya satu kolam bisa diisi lebih dari 5 orang yang bahkan mereka tidak saling kenal. Mungkin jika kamu bayangkan akan akan merasa risih dalam keadan tersebut namun di jepang ini adalah hal yang biasa dilakukan.

 

3. Duduk Meiza

Di Jepang adalah istilah duduk meiza yaitu cara duduk di bawah atau di lantai yang mirip dengan duduk tahiyat awal ketika sholat. Cara duduk ini dilakukan saat ada acara formal ataupun acara keluaga seperti minum teh. Ini adalah cara duduk yang dianggap paling sopan bagi orang Jepang.

 

4. Menuangkan Minuman

Orang jepang tidak boleh menuangkan minumnya sendiri. Mereka harus menunggu tuan rumah atau temannya menuangkan minumannya kemudian baru boleh dia menikmatinya. Jika menuangkan minumanya sendiri itu dianggap sangat tidak sopan.

 

5. Mengantri

Dijepang kedisiplinan sudah ditanamkan sejak dini sejak mereka masih di jenjang sekolah dasar. Meskipun orang jepang sangat menghargai waktu, mereka tidak lantas menyerobot antrean orang meskipun sangat tergesa-gesa. Ini seharusnya bisa kita contoh dalam kehidupan sehari hari dengan tidak menerobos antrean dan mengambil hak orang lain.

 

6. Penikmat Kopi

Siapa sangka kalau orang Jepang yang terkenal dengan budaya minum tehnya ternyata juga mayoritas adalah penikmat kopi. Faktanya Jepang masih mengimpor sekitar 70% produksi dari Blue Mountain Coffee sebuah perusahaan penghasil kopi dari jamaika yang terkenal dengan kopinya yang berkualitas tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here