5 MANFAAT TANAMAN KUMIS KUCING

0
606

Khasiat tanaman kumis kucing atau orthosiphon aristatus tak bisa diabaikan. Tanaman herbal ini memang dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Bahkan, di China sendiri tanaman kumis kucing diolah sebagai obat-obatan dan ramuan tradisional. Tanaman ini sangat baik jika tumbuh di tanah yang lembap dan terkena sinar matahari.

Tanaman kumis kucing digunakan untuk menyembuhkan masalah seperti ginjal dan kandung kemih. Hal itu karena tanaman kumis kucing bersifat anti-inflamasi dan anti-hipertensi yang membantu menghilangkan gejala rematik dan asam urat. Berikut ini manfaat lain dari tanaman kumis kucing.

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

ISTIMEWA

Kandung zat di dalam kumis kucing dapat membantu mengurangi tekanan darah. Hal tersebut karena tanaman kumis kucing ini berifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi kondisi ini.

2. Membantu masalah pernapasan

ISTIMEWA

Tanaman kumis kucing juga berguna untuk mengatasi masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Kamu bisa mencampurkan ramuan tanaman kumis kucing ini dengan bahan tradisional lainnya yang membantu meredakan masalah pernapasan.

3. Mengatasi gangguan ginjal

ISTIMEWA

Tanaman kumis kucing juga populer untuk mengatasi gangguan ginjal, termasuk mengobati batu ginjal. Sejumlah penelitian klinis pun telah membenarkan bahwa tanaman ini dapat mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemis, infeksi saluran kemih dan sering buah air kecil.

4. Mengatur gula darah

ISTIMEWA

Tanaman kumis kucing juga dipercaya dapat mengobati gula darah. Beberapa penelitian ilmiah pun telah menunjukkan bahwa ramuan tanaman ini efektif mengatur kadar glukosa dan mengendalikan diabetes.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here