MITOS ATAU FAKTA KALAU BAYI YANG LAHIR DENGAN KEPALA BESAR LEBIH CERDAS

0
474

Saat kamu tumbuh dewasa, kamu mungkin pernah diejek oleh saudaramu karena memiliki ukuran kepala lebih besar dari anggota keluargamu. Namun, jangan lantas berkecil hati. Kepala besar itu beda dengan besar kepala, kok. Jadi, itu bukan hal tercela.

Kali ini kamu boleh tersenyum bahkan bangga dengan kondisi tersebut. Pasalnya, sebuah studi mengatakan ukuran kepala lebih besar mengindikasikan seseorang akan lebih sukses. Penelitian ini dilakukan oleh UK Biobank. Para peneliti mengungkapkan lingkar kepala dan volume otak yang besar berhubungan dengan kesuksesan seseorang.

Bukan hanya itu, penelitian ini juga menyatakan, ukuran kepala yang lebih besar bisa dikaitkan dengan kecerdasan. Para peneliti UK Biobank meneliti setengah juta penduduk Inggris untuk menentukan hubungan gen, kesehatan fisik, mental dan arah kehidupan mereka.

Para peneliti berasal dari Inggris, Jerman dan AS yang dipimpin oleh Universitas Edinburgh itu menganalisis 100 ribu warga Inggris yang berusia 37 sampai 73 tahun. Responden diteliti dengan berbagai variabek, seperti keterampilan penalaran verbal dan numerik, waktu reaksi, memori, dan pencapaian pendidikan.

Hasilnya, ada hubungan sangat signifikan antara skor tes kognitif dan skor profil poligenik yang termasuk volume dan lingkar kepala bayi serta kemampuan kognitif. Penelitian yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature, Molecular Psychiatry tersebut melaporkan ukuran kepala rata-rata bayi yang baru lahir adalah 36 cm untuk anak laki-laki dan 35 cm untuk perempuan.

Direktur Pusat Penuaan Kognitif dan Epidemiologi Kognitif (CCACE) di Universitas Edinburgh, Profesor Ian Deary, mengatakan bayi dengan ukuran kepala lebih besar dari rata-rata cenderung memiliki kemampuan kognitif lebih tinggi.

Peneliti Dr. Sarah Harris menambahkan, anak-anak dengan kepala yang lebih besar berarti lebih cerdas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here