Anak Bajang dari Samudra Kidul

1
449

Channel E – Anak bajang atau anak berambut gimbal yang sering dijumpai di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah, terkenal unik dan mistis.mereka memiliki rambut yang jarang sekali di temui.pasal nya mereka memiliki rambut yang gimbal dari usia beberapa bulan hingga 8 tahun, masyarakat sana menyebut nya “Rambut Gembel” kenapa seperti itu karena rambut gembel identik dengan rambut orang yang jarang mandi dan jarang merawat rambut mereka.

Menurut kepercayaan masyarakat Dataran Tinggi Dieng,anak-anak berambut gimbal merupakan titipan dari Kyai Kolo Dete,dan istrinya (Nini Roro Rence) yang mendapat wahyu dari Ratu Pantai Selatan. Pasangan ini ditugaskan membawa masyarakat Dieng menuju kesejahteraan. Tolak ukur sejahteranya masyarakat Dieng akan ditandai dengan keberadaan anak-anak berambut gimbal. Sejak itulah, muncul anak-anak berambut gimbal di kawasan Dataran Tinggi Dieng..

Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. Dieng Culture Festival melakukan Ritual adat nya yang berlangsung di Candi Arjuna, dengan 11 orang anak untuk melakukan proses Ruwatan atau pemotongan pada rambut gimbal mereka, proses ini sudah berlangsung di mulai pada pukul 9 pagi,anak anak berambut gimbal akan di arak-arak dari tempat mereka tinggal menuju ke Candi Arjuna.

Channel E Indonesia

 

 

sesampai nya di sana anak berambut gimbal harus melewati proses ritual Jamasan atau penyiraman air yang diambil dari sumur sedayu.

acara tersebut di hadiri oleh sejumlah pejabat publik ; seperti wakil Gubernur jawa tengah (Taj Yasin Maimoen),DRPD Provinsi jawa tengah komisi B,D dan E, serta Bupati BanjarNegara (Budhi Sarwono).

 

Channel E Indonesia

Sebelum di potong anak-anak berambut gimbal meminta sesuatu yang harus dituruti oleh orang tuanya. Jika tidak, rambut mereka akan tumbuh gimbal kembali. permintaan anak berbagai macam ada yang permintaan nya biasa saja tetapi ada yang juga Permintaannya aneh-aneh. dari hasil wawancara kami kepada orang tua anak tersebut menyebut kan “ada yang meminta ice cream saja,ada yang meminta Handphone dan laptop ada juga yang meminta telur 1 bakul nah yang aneh nya ada yang meminta 1 plastik kentut ibu nya, nah ini kan cukup membingungkan yaa guys,namun mau tidak mau orang tua tersebut harus mengabulkan permintaan anak tersebut.

 

Channel E Indonesia

selanjutnya rambut hasil cukuran rambut gimbal dibawa ke Telaga Warna untuk dilarung. Menurut penduduk sekitar Telaga Warna adalah sumber air yang akan mengalir ke Sungai Serayu yang bermuara ke Pantai Selatan.

Demi menjaga dan melestarikan kebudayaan Dieng anak-anak titipan tersebut harus dijaga dengan baik.

 

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here