Handphone Kamu Terkena Air? Ini Dia Cara Mengatasinya!

0
412

Channel E – Pernah gak sih kalian mengalami handphone kalian terkena air? Biasanya apa sih yang kita lakukan pertama kali untuk mengatasi hal tersebut? Kebanyakan orang pasti panik jika ponsel miliknya terkena air. Bahkan beberapa diantaranya justru malah langsung mengeringkan handphone menggunakan hairdrayer atau ada juga yang langsung dijemur dibawah sinar matahari. Ternyata hal tersebut tidak direkomendasikan loh guys. Hal tersebut dapat merusak komponen ponsel. Nah berikut ini Channel E akan memberikan tips bagaimana kalau handphone kamu terkena air dan cara mengatasinya. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Biarkan Ponsel Dalam Keadaan Mati

Gambar Istimewa

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memutuskan daya ponsel, melepas baterai atau mematikan ponsel. Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel kamu kembali, karena nih guys komponen elektronik bisa rusak saat terkena air sekaligus listrik.

 

2. Bongkar Ponsel

Gambar Istimewa

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan nih guys, membuka seluruh penutup ponsel seperti case, mengeluarkan kartu sim dan kartu memori eksternal. Jika kamu yang sudah berpengalaman membongkar ponsel, kamu bisa membuka semua bagian ponsel agar dapat mengering lebih cepat.

 

3. Mengeringkan Ponsel

Gambar Istimewa

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan ponsel. jangan menggunakan hairdrayer ya guys! Atau menjemur dibawah sinar matahari secara langsung, karena ternyata nih guys suhu tinggi dapat merusak komponen ponsel kalian lho. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasukan ponsel ke dalam beras lalu diamkan selama minimal 24 jam nih guys.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan silica gel yang berfungsi sebagai bahan penyerap kelembaban sehingga bisa membantu kamu mengeringkan ponsel lebih cepat. Kamu bisa meletakan ponsel di dalam wadah tertutup yang dipenuhi dengan kantong-kantong berisi silica gel.

 

Nah itu dia beberapa cara mengatasi handphone yang terkena air versi Channel E. semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua. Happy Reading.

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here