BAHAYA! JANGAN KONSUMSI BUAH SETELAH MINUM OBAT

0
524

Aktivitas minum obat biasanya dilakukan pada saat tubuh tidak optimal. Sebelum minum obat, beberapa orang biasanya mendahului dengan mengkonsumsi makanan. Dan kebanyakan orang memakan buah setelah minum obat untuk menghindari rasa pahit yang ditimbulkan. Akan tetapi, tahukah kamu? Mengenai jeda waktu makan buah setelah minum obat?

Makan Buah Setelah Minum Obat

Pada dasarnya terdapat jeda waktu makan buah setelah minum obat, namun pertanyaan yang sering ditanyakan apakah setelah minum obat boleh langsung makan buah? Menurut beberapa pakar kesehatan, beberapa jenis obat memang memiliki interaksi dengan makanan dan minuman tertentu. Interaksi tersebut ada yang meningkatkan kinerjanya sehingga mencapai dosis toksik atau ada yang menurunkan kinerja obatnya. Lantas, bolehkah makan buah setelah minum obat?

Dilansir dari doktersehat, Minum obat setelah makan buah adalah aktivitas yang sebaiknya dihindari. Bila kamu ingin mengkonsumsi buah berikan jeda waktu antara makan buah setelah minum obat. Nah berikut ini Channel E akan memberikan informasi tentang beberapa buah yang tidak disarankan untuk di konsumsi setelah minum obat.

 

1. Pisang

Gambar Istimewa

Pisang adalah salah satu buah yang sering digunakan bagi mereka yang tidak terbiasa menelan obat dengan air. Padahal, makan buah setelah minum obat khususnya pisang dapat menghambat kinerja obat lho.

Beberapa jenis obat seperti angiotensin-converting enzyme (ACE) inhibitor atau obat untuk masalah tekanan darah tinggi dan gagal jantung, sebaiknya tidak dikonsumsi dengan pisang karena kandungan tyramine dalam buah ini yang akan menghambat kinerjanya. Selain itu, pisang dengan obat-obatan darah tinggi golongan captopril juga sebaiknya dihindari.

 

2. Apel

Gambar Istimewa

Buah yang kerap dijadikan oleh-oleh saat mengunjungi orang sakit ini ternyata sebaiknya tidak dikonsumsi dekat dengan waktu minum obat nih, khususnya yang berjenis obat asma, pereda demam, atau obat alergi. Beri jeda waktu makan buah setelah minum obat sekitar 4 jam diantara waktu minum obat kamu yaa

 

3. Jeruk

Gambar Istimewa

Makan buah setelah minum obat, khususnya buah jeruk adalah aktivitas yang sebaiknya dihindari. Buah jeruk sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi bersamaan dengan obat pereda demam dan obat penenang karena bisa memberikan efek samping seperti kerusakan otot, rasa kantuk berlebih, hingga halusinasi.

Selain itu jeruk bali merah dan obat eritromsin jika dikonsumsi bersamaan dapat membuat efek samping dari obat tersebut meningkat.

 

4. Anggur

Gambar Istimewa

Nah, bebrapa orang sering banget jenguk orang sakit dan membawa anggur. Tapi taukah kamu? Kandungan yang terdapat didalam buah anggur ternyata bisa menghancurkan kandungan obat lho. Sehingga tidak bisa diserap sama sekali oleh usus. Beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi berdekatan dengan buah ini adalah obat migrain, obat anti depresan, obat diabetes dan obat pengencer darah

 

Nah itu dia beberapa informasi mengenai buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi setelah minum obat. Kalian tau gak nih sebelumnya? Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua. Happy reading,

 

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here