5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI YANG PALING MENGAGUMKAN

0
291

1. Belut Listrik

ISTIMEWA

Belut listrik adalah salah satu jenis ikan yang dapat memproduksi listrik dari dalam tubuhnya. Sebenarnya terdapat sekitar 500 spesies ikan yang dapat menghasilkan listrik namun mayoritas hanya bertegangan kecil. Beda dengan ikan yang satu ini, belut listrik dapat menghasilkan listrik bertegangan 650 volt. Ini cukup untuk membuat tangan manusia melepuh.

 

2. Semut Peledak dari Malaysia

ISTIMEWA

Dalam ilmu biologi semut ini memiliki nama ilmiah Colobopsis saundersi dan termasuk semut yang hampir punah. Semut yang berasal dari negara Malaysia ini terbilang sangat unik karena mempunyai pertahanan diri meledakkan tubuh mirip dengan bom bunuh diri ketika sedang merasa terancam.

Mungkin lebih tepatnya bukan pertahanan diri namun pertahanan untuk kelompok karena berkorban. ketika meledak semut ini akan mengeluarkan zat yang sangat beracun dan lengket dari dalam perutnya sehingga membuat predator tak dapat bergerak.

 

3. Sotong

ISTIMEWA

Sotong sebenarnya hewan laut yang berkerabat dekat dengan gurita. Hewan ini termasuk jenis moluska yaitu binatang bertubuh lunak yang tak memiliki tulang. Tak seperti hewan laut lainya sotong memiliki tiga jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuhnya.

Sotong memiliki mekanisme pertahanan sangat menakjubkan yang hampir sama dengan bunglon yaitu mengganti warna tubuhnya namun sotong lebih ekstrim. Hewan ini dapat merubah tekstur tubuhnya sangat mirip dengan keadaan sekitarnya sehingga sangat sulit bagi predator untuk menemukannya.

 

4. Kadal Bertanduk Texas

ISTIMEWA

Reptil dengan nama ilmiah Phrynosoma cornutum ini banyak hidup di Amerika Utara. Hewan dengan banyak tanduk di badannya ini sebenarnya termasuk hewan yang hampir punah.

Ketika merasa terancam kadal ini akan melakukan sesuatu yang sangat mengejutkan. Dia dapat menyemprotkan darah dari matanya dan membuat pemangsanya kabur. Kadal ini kadang juga menggunakannya mekanisme pertahanannya tersebut untuk membersihkan benda asing di dalam matanya.

 

5. Burung Bangkai Turki

ISTIMEWA

Seperti namanya burung bangkai ini berasal dari turki dan memiliki ciri khusus yaitu kepala plontos tak berbulu. Burung dengan nama ilmiah Cathartes Aura memiliki mekanisme pertahanan diri yang cenderung menjijikkan.

Dia sengaja masuk ke dalam bangkai binatang yang sudah membusuk hingga baunya sangat menyengat. Ini bertujuan agar tidak ada predator yang mau mendekatinya. Tak sampai di situ burung bangkai turki kadang memuntahkan kembali makanan yang sudah di telan ke musuh supaya musuh tersebut pergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here