GAYA HIDUP ECOFRIENDLY YANG NGGAK CUMA SEDOTAN. BERANI COBA?

0
233

Kabut asap dibeberapa daerah, sedotan plastik yang masuk ke hidung kura-kura, polusi di Jakarta dan masih banyak lagi isu lingkungan yang makin meresahkan. Untungnya, kini sudah banyak pergerakan tentang gaya hidup yang ramah lingkungan. Mulai dari puasa menggunakan plastik, menggunakan sedotan metal, hingga yang lebih ekstreme lagi dengan menggunakan produk olahan rumah saja nih.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau mulai dari mana untuk mencoba gaya hidup ecofriendly ini, berikut Channel E akan memberikan tips hal-hal sederhana yang bisa kamu coba untuk membiasakan diri untuk peduli lingkungan. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Bawa Tumbler Kemana-mana

Gambar Istimewa

Memperhatikan lingkungan sekaligus meningkatkan perhatian ke diri sendiri bukanlah suatu hal yang sulit. Salah satunya adalah dengan menjaga tubuh kamu mendapatkan asupan air yang cukup. Nah, daripada kamu membeli air mineral di jalan, akan lebih baik jika kamu membawa air minum sendiri dalam botol. Tumbler yang kamu bawa tadi juga bisa kamu gunakan untuk membeli kopi atau minuman apapun yang bisa sekalian dibawa pulang. Jadi gak perlu deh pake plastik lagi, praktis bukan!

 

2. Belanja di Preloved Items

Gambar Istimewa

Jangan ngaku fashionista kalau belum pernah mencoba belanja baju di flea market atau toko-toko online yang menjual preloved items. Selain ramah lingkungan, kamu juga bisa mendapatkan brand yang kamu mau dengan harga yang lebih murah. Keren bukan? Nggak cuma trendi, tapi juga ecofriendly ya.

 

3. Bawa Tote Bag Kemana-mana

Gambar Istimewa

Siapa nih yang suka belanja dan jajan mulu? Biar nggak kebanyakan plastik untuk bawa barang belanjaan, kamu harus siap sedia tote bag atau tas belanja yang bisa dilipat jadi mini. Tak hanya lebih praktis, tote bag seperti ini juga muat banyak loh. Jangan takut norak ya, sekarang grocery bag semacam ini udah banyak variasi bentuk dan warna yang bisa kamu pilih kok guys.

 

4. Gunakan Barang-Barang yang Biodegradable

Gambar Istimea

Ganti sikat gigi berapa bulan sekali? Ganti pisau cukur berapa minggu sekali? Nah, coba inspeksi lagi barang-barang dirumah kamu, mana aja nih yang bisa diganti dengan versi biodegradable. Kalaupun ternyata belum ada alternatifnya, kamu harus cermat dalam membeli barang yang berkualitas, sehingga awet dan tidak perlu menggantinya berkali-kali.

 

5. Manfaatkan Teknologi dengan Bijak

Gambar Istimewa

AC, hairdrayer, bahkan lampu, banyak orang yang terkadang lupa untuk mematikannya atau menggunakannya secara berlebihan. Biasakan diri untuk menggunakan alat-alat tersebut dengan frekuensi sejarang mungkin. Jika masih bisa nonton TV dengan jendela terbuka tanpa AC maka alangkah baiknya jika AC dimatikan ya guys. Jika tidak terburu-buru buat hang out, maka lebih baik kalau mengeringkan rambut secara natural. Mudah sekali kan!

 

Nah itu dia guys beberapa tips yang perlu kamu coba untuk membiasakan ramah lingkungan. Apakah kamu sudah coba? Yuk coba guys. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua 🙂

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here