FENOMENA LISTRIK PALING ANEH DI DUNIA

    0
    578

    1. Bola Petir

    ISTIMEWA

    Fenomena bola petir diperkirakan sudah dikenal sejak dulu seperti legenda makhluk Anchimayen di Argentina atau Banaspati di Indonesia. Makhluk tersebut berbentuk seperti bola api yang bersinar terang, melayang – layang di udara.

    Hingga tahun 1960 banyak laporan mengenai fenomena ini. Mereka menggambarkannya seperti bola terang yang melayang – layang di langit terutama saat terjadi hujan gemuruh. Ada juga yang sampai masuk rumah lewat lubang jendela.

    2. Sprites

    ISTIMEWA

    Sprite atau cahaya bidadari adalah fenomena pelepasan listrik besar-besaran diatas awan Kumulonimbus pada ketinggian 50–90 km. Cahaya ini berupa kilatan seperti petir berwarna oranye kemerahan dengan bentuk bervariasi.

    Fenomena ini dipicu oleh pelepasan listrik positif dari petir dibawah awan. Banyak orang menyalahartikannya sebagai petir diatas awan, padahal sprite sendiri berupa plasma dingin seperti tabung yang berpijar.

    3. Petir Catatumbo

    ISTIMEWA

    Sekilas fenomena ini seperti petir pada biasanya tapi yang tidak biasa pada fenomena ini adalah petir yang menyambar terus-menerus tanpa henti. Sambaran petir ini hanya terjadi di satu petak kecil di planet Bumi, tepatnya di muara sungai Catatumbo Venezuela.

    Disana fenomena ini disebut Relámpago del Catatumbo atau petir abadi. Intensitas kilatan petir ini mencapai 3600 kali perjamnya atau sekitar 1 petir per detik.

    4. Petir Erupsi

    ISTIMEWA

    Fenomena ini disebut juga Badai Petir Kotor, karena terjadi bersamaan dengan debu vulkanik saat gunung meletus. Bunyi gemuruh dan cahaya merah dan kilatan petir menambah kengerian letusan gunung Berapi.

    Belum ada yang tahu pasti bagaimana fenomena ini terjadi. Menurut prakiraan ilmuwan, gesekan antar partikel debu, es dan bebatuan memicu loncatan listrik statis raksasa, sehingga menghasilkan kilatan petir.

    5. Api Santo Elmo

    ISTIMEWA

    Api Santo Elmo adalah fenomena berupa munculnya cahaya plasma pada objek yang letaknya tinggi. Pertama kali ditemukan oleh St. Elmo ketika kapalnya terombang ambing oleh badai besar terlihat pancaran cahaya seperti api di ujung-ujung tiang-tiang kapalnya.

    Lalu Nama St. Elmo digunakan untuk menamai fenomena ini. Cahaya ini terkadang berpindah – pindah tempat dan terjadi secara misterius. Walau begitu ada penjelasan logis dibalik fenomena ini yaitu plasma muncul karena proses ionisasi gas yang disebabkan oleh perbedaan tegangan listrik antara laut dan udara di atmosfer.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here