MAKANAN JEPANG YANG SEHAT UNTUK MEMBANTU DIET

0
443

Channel E – Banyak makanan modern yang memanjakan mata namun dapat membuat tubuh menjadi memiliki masalah kesehatan. Bagi kalian yang sedang berdiet tentunya makanan-makanan tersebut akan dihindari untuk dinikmati karena tidak baik untuk tubuh. Namun ada beberapa makanan Jepang yang sehat untuk menyeimbangkan diet, yang tidak hanya memuaskan rasa lapar tapi juga memperbaiki nutrisi.

Berikut adalah 5 makanan Jepang yang sehat untuk diet!

1. Bayam Ohitashi

ISTIMEWA

Bayam ohitashi bisa dibuat dengan mudah dan cepat menggunakan bayam segar yang disajikan dengan serpihan bonito dan biji wijen, dengan saus salad, saus wijen, atau tanpa saus sama sekali. Salad bayam pucat ini bisa dimakan sebagai lauk, ditambahkan ke dalam campuran salad, atau untuk membuat campuran onigiri, yang merupakan sumber vitamin K, vitamin A dan asam folat yang sangat penting untuk kesehatan tulang, kulit dan energi.

 

2. Natto

ISTIMEWA

Natto adalah kacang kedelai fermentasi yang lengket, yang disajikan dengan soy sauce, mustard karashi dan irisan bawang hijau. Natto memiliki bau yang menyengat dan tidak terlihat menggiurkan, tapi memberikan efek positif pada kesehatan vitamin E dan K, ditambah kalium, kalsium zat besi, magnesium, dan protein.

 

3. Sashimi

ISTIMEWA

Sashimi adalah makanan jepang yang jauh lebih sehat dari sushi karena memiliki sumber asam lemak omega-3 yang sehat dan kaya akan vitamin B6 dan B12, serta protein niasin, selenium, magnesium, dan fosfor, tergantung dari jenis ikan yang kalian pilih, misalnya salmon, cod, tuna, bass, mackerel, dan yellowtail.

Tetapi jika kalian khawatir menelan merkuri dari ikan tersebut, cobalah untuk tidak mengkonsumsi sashimi lebih dari sekali atau dua kali seminggu. Karena akan membuat kalian keracunan merkuri, tapi merkuri di Jepang sangatlah rendah tapi kalian juga harus berhati-hati. Cobalah kalian mengkonsumsi dengan jahe parut, saus panzu, atau daun shiso segar, bukan dengan kecap dan wasabi, jika kalian ingin membuat sashimi sendiri dirumah.

 

4. Tsukemono (Acar)

ISTIMEWA

Ada banyak variasi acar yang berbeda-beda yang tersedia di Jepang tergantung pada jenis sayuran yang dibuatnya, salah satunya adalah Mukazuke. Acar Jepang dibuat dengan memfermentasikan sayuran berbeda dengan dedak padi yang mengandung vitamin B1 tinggi, dan mengandung lactobacillus, yang dapat dikatakan dapat membantu pencernaan dan membantu menjaga usus. Terong, mentimun, daikon, dan kol, juga nukazuke ikan adalan varietas yang paling umum dari acar ini.

 

5. Hiyayakko (Tahu Dingin)

ISTIMEWA

Hiyayakko adalah tahu dingin yang terbuat dari susu kedelai dengan topping apapun dan bisa disajikan dengan kecap, saus wijen, panzu, mustard, daun shiso, serpihan bonito, jahe parut, atau kombinasi lainnya. Hiyayakko bisa disantap dengan irisan tomat, buah zaitun dan mentimun. Hiyayakko memiliki sumber protein yang rendah kalori, dan merupakan pilihan tepat untuk di santap saat musim panas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here