5 MASJID DENGAN ARSITEKTUR PALING UNIK DI DUNIA

0
391

Channel EMasjid merupakan tempat suci bagi umat islam untuk beribadah. Sebanyak 87 persen mayoritas penduduk di Indonesia beragama islam, maka tak heran jika masjid mudah ditemukan disekitar kita. Tahukah kamu masjid istiqlal di kota Jakarta adalah masjid yang berukuran paling besar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Masjid yang besar dan megah juga memiliki arsitektur yang dibuat sangat menakjubkan. Kali ini Channel E sudah merangkum 5 Masjid Dengan Arsitektur Paling Unik Di Dunia.

 

1. Masjid Cahaya di Dubai

ISTIMEWA

Dubai yang terkenal dengan bangunan pencakar langit di dunia yang bernama Burj Khalifa. Burj Khalifah memiliki tinggi sekitar 838 meter ini merupakan bangunan yang paling tinggi daripada bangunan manapun di dunia.

Namun, Dubai juga memiliki salah satu masjid yang sangat unik. Masjid tersebut bernama masjid cahaya. Masjid ini memiliki kontemporer yang di arsiteki oleh sebuah perusahaan arsitektur bernama NUDES yang membuat lebih menarik lagi, desain geometris dan lapisan ukiran transparan pada atap dan dinding sehingga cahaya yang masuk akan mengikuti pola ukiran tersebut.

2. Masjid Al Dana di Abu Dabi

ISTIMEWA

Pada dasarnya masjid memiliki kubah berbentuk setengah lingkaran. Masjid Al dana memiliki bentuk yang terbilang unik dengan kubah masjid yang miring.

Menurut arsitek yang membuat masjid ini, mereka menggunakan pendekatan eksperimental dan ekxploral sehingga dapat menciptakan seni yang sangat unik ini. Mereka juga mengatakan kalau desain masjid menggambarkan sebuah kesetaraan gender antara pria dan wanita dalam beribadah.

3. Masjid Pink di Iran

ISTIMEWA

Masjid yang memiliki nama asli Nasir Al-Mulk ini terletak di kota Shiraz, Iran. Orang yang bertanggung jawab atas keindahan arsitektur masjid ini adalah Mohammad Hasan-e-Memār.

Masjid Nasir Al-Mulk termasuk masjid yang sangat langka karena hampir keseluruhan desai interiornya terbuat dari kaca dan berwarna pink. Mereka membutuhkan sekitar 12 tahun untuk waktu pengerjaan hingga masjid ini berdiri dengan sempurna yaitu dari tahun 1876 hingga tahun 1888. Masjid ini dibangun atas perintah langsung dari penguasa di Iran bernama Mirzā Hasan Ali.

4. Masjid Valiasr di Iran

ISTIMEWA

Kalian pasti tidak aka nada yang menyangka kalau foto bangunan diatas adalah sebuah masjid. Ini adalah sebuah masjid yang terletak di ibukota Teheran, Iran. Masjid ini bernama masjid Valiasr, memiliki bentuk atap seperti insang ikan ini memiliki luas lantai 25.000 meter pesergi. Masjid yang dirancang oleh dua arsitek sekaligus yaitu, Reza Daneshmir dan Catherine Spiridonoff yang berasal dari Iran.

5. Masjid KAFD Di Arab Saudi

ISTIMEWA

Masjid ini bernama King Abdullah Financial District atau biasa disingkat KAFD ini terletak di kota riyadh, Arab Saudi. Pada tahun 2017 KAFD masuk dalam nominasi penghargaan bangunan terbaik oleh World Architecture Festival di kategori bangunan keagamaan. Bangunan ini memiliki luas lantai 6000 meter persegi ini juga memiliki desain arsitekur yang terinspirasi dari bunga mawar yang terlihat jelas dari bentuk atapnya.

Dengan desain futuristik yang diperlihatkan dengan bentuk garis lurus tegas kemudian bagian luar terdapat 2 menara setinggi 60 meter membuat masjid ini terlihat sangat modern dan megah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here