Bau Rokok yang Menempel Pada Baju Bisa Sebabkan Kanker

0
372

Channel E – Banyak orang mungkin udah paham bahwa perokok pasif berisiko untuk terkena kanker paru-paru, apalagi perokok yang aktif.

Namun ada sebuah penelitin yang mengatakan bahwa asap rokok yang terpampang pada pakian kita bisa menyebabkan kanker lho.

seorang dokter bernama spesilis pernapasan dari Prince Court Medical Centre Dr. Hilmi Lockman mengatakan ” bahwa bahan kimia dari asap rokok tetap tertinggal di pakaian, tirai, sofa, tempat tidur dan interior kendaraan. Hal tersebut bisa dirasakan dari bau asap sangat kuat yang bisa tercium dari seseorang yang habis merokok. Orang yang terkena dampak ini disebut sebagai perokok pihak ketiga”.

ia juga mengatakan “Asap yang dihirup sendiri oleh perokok itu melewati filter, sedangkan asap yang dihirup oleh orang lain nggak cuma asap dari rokok, tetapi juga dari tembakau tanpa filter. Ini akan meningkatkan risiko kanker paru-paru,”

 

sesorang yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan kanker paru-paru, tidak merokok atau kebiasaan buruk lainnya, tetapi mereka bisa menderita kanker paru-paru. Faktanya, perokok pasif dan orang yang menghisap asap sisa rokok ini juga bisa berisiko.

 

Di lansir dari Oriental Daily.

komponen beracun yang ditemukan dalam sisa asap tersebut ada lebih dari 10 senyawa yang sangat karsinogenik (zat pemicu kanker) seperti toluena, timah, karbon monoksida, dan butana.
Zat-zat ini dapat bertahan selama berjam-jam, berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan, tergantung pada tingkat ventilasi dan polusi.

 

Anak-anak menjadi korban rokok pasif yang paling rentan, karena sistem kekebalan tubuh mereka yang masih rapuh.

Dr. Hilmi Lockman juga mengatakan bahwa merokok nggak cuma menyebabkan kerusakan paru-paru dan meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Namun bisa juga meningkatkan risiko penyakit paru-paru jenis lain seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis paru-paru.

 

Jadi berhentilah merokok pada tahap apa pun dapat membawa perbaikan, mencegah penyakit memburuk, dan memperkuat fungsi paru-paru.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here