8 Jenis Pohon Yang Sering Dihuni Makhluk Halus

1
473

Bagi setiap orang pohon hanyalah sebuah tumbuhan besar yang biasa. Namun, pohon sangatlah penting bagi kehidupan manusia, selain untuk tempat berteduh, pohon juga salah satu makhluk hidup yang menyerap CO2. Hutan yang berisikan pohon bahkan menjadi paru-paru dunia untuk menghasilkan oksigen bagi fauna di planet bumi ini.

Beberapa makhluk hidup juga memanfaatkan pohon sebagai tempat tinggal mereka seperti burung. Selain hewan, beberapa manusia percaya bahwa pohon juga dihuni oleh makhluk tak kasat mata, seperti jin, hantu, arwah, dan iblis. Makhluk tak kasat mata itu tinggal di pohon saat menampakkan dirinya. Sehingga banyak orang yang percaya kalau pohon tersebut dihuni oleh makhluk halus.

Ada banyak sekali jenis pohon, dan beberapa diantaranya dipercaya sebagai rumah favorit para makhluk halus, bahkan mungkin ada di sekitarmu. Jika kamu ingin tahu pohon-pohon apa saja itu, berikut adalah 8 jenis pohon yang sering dihuni oleh makhluk halus!!

 

1. Pohon Pisang

ISTIMEWA

Pohon pisang dipercaya sebagai tempat favorit para makhluk halus karena masyarakat juga percaya pohon pisang sebagai gerbang menuju dimensi gaib. Konon kalau jantung pisang dihubungkan ke tanah dengan tali akan menjebak makhluk gaib ke dimensi manusia. Penampakan yang biasanya dilihat masyarakat adalah hantu pocong.

2. Pohon Mangga

ISTIMEWA

Mangga merupakan buah yang enak dan menyehatkan, tapi ada fakta mistis dibalik pohon ini. Terutama pohon mangga yang tua, besar, dan rindang. Konon pohon mangga menjadi sarang favorit berbagai macam jenis makhuk gaib terutama pocong, kuntilanak, dan genderuwo.

3. Pohon Waru Doyong

ISTIMEWA

Pohon waru merupakan pohon yang daunnya berbentu waru atau hati. Pohon ini menjadi tempat favorit hantu kuntilanak untuk mengganggu dan menampakkan diri. Tapi tidak pohon waru biasa tapi pohon waru yang tinggi, besar, dan memiliki batang yang doyong (miring) yang konon menjadi tempat duduk kuntilanak.

4. Pohon Randu

ISTIMEWA

Pohon randu adalah pohon yang buahnya seperti pisang namun dalamnya berisi kapuk putih dan biji-biji kecil. Kapuknya biasanya digunakan untuk kasur, bantal dan guling tradisional.

Disisi lain, pohon randu menjadi tempat bersemayam genderuwo. Menurut masyarakat, genderuwo akan bergelantungan di cabang-cabang dan ranting pohon randu.

5. Pohon Beringin

ISTIMEWA

Pohon beringin sejak dulu terkenal akan keangkerannya dan dikeramatkan oleh warga sekitar. Pohon beringin yang besar dan lebat memang terkesan angker apalagi dengan kayunya yang berkolom dan berlekuk-lekuk.

Orang dahulu sering mengadakan ritual di pohon ini karena percaya sebagai tempat makhluk gaib seperti genderuwo, moto sak lepek, dan gundul pringis.

6. Pohon Trembesi

ISTIMEWA

Pohon trembesi seperti pohon beringin namun cabangnya lebih banyak dan tidak berkolom. Buahnya berbentuk panjang hitam dan berisi biji yang bisa dimakan setelah disangrai.

Kayunya menjadi bahan yang bernilai jual, dan banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan ukiran. Pohon termbesi yang besar dan tua ternyata bisa jadi sarang genderuwo, karena mereka suka pohon yang rindang dan besar seperti pohon trembesi.

7. Pohon Kamboja

ISTIMEWA

Pohon ini mudah ditemukan di kuburan, karena banyak yang percaya pohon ini membantu mengurangi dosa bagi para arwah orang meninggal. Kesan mistis dan angker tentunya sudah lekat dengan pohon ini.

Bunga yang indah dan harum ini ternyata tak seindah dan seharum cerita yang menyelubunginya. Banyak orang melihat penampakan pocong dan kuntilanak disekitar pohon ini.

 

8. Pohon Bambu

ISTIMEWA

Bambu merupakan pohon endemik Indonesia dan China. Tapi di Indonesia pohon ini dilingkupi cerita seram yang berkaitan dengan hantu. Pohon yang paling banyak digunakan untuk peralatan ini ternyata adalah sarang genderuwo, sundel bolong, dan wewe gombel.

Pohon bambu yang dihuni adalah yang bambu hijau bukan bambu kuning, dan bambu yang bergerombol. Bambu kuning justru dapat menangkal gangguan setan, dan ilmu hitam. Wewe gombel biasanya menaruh anak-anak yang diculiknya di tengah himpitan gerombolan batang bambu.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here