4 LAGU DAERAH INI SUKSES DIKENAL HINGGA MANCANEGARA

1
415

Channel E – Sejak kecil, anak-anak Indonesia sudah dikenalkan dengan berbagai lagu nasional dan daerah. Tidak heran jika mereka hafal syair lagu-lagu tersebut. Namun sayang, saat sudah remaja dan beranjak dewasa, banyak yang meninggalkan lagu asli Indonesia yang diwariskan secara turun temurun. Alasannya, karena lagu itu ketinggalan zaman dan tidak modern.

Padahal, banyak lagu asli Indonesia yang kemudian terbukti mempunyai nilai seni tinggi dan dihargai secara global. Banyak lagu-lagu yang dulunya hanya dinyanyikan anak-anak, kini disajikan dengan sebuah orkestra di sebuah pertunjukan kelas dunia dan juga oleh musisi ternama.

Berikut ini Channel E akan memberikan informasi tentang lagu-lagu daerah yang pernah di nyanyikan disejumlah belahan dunia oleh musisi terkenal. Simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Ampar-Ampar Pisang

Lagu yang ternspirasi dari rutinitas masyarakat Kalimantan Selatan ini diciptakan oleh Hamiedan AC. Lagu ini dinyanyikan dalam acara-acara yang berskala nasional. Nadanya yang bersemangat membuat lagu ini mengalirkan nuansa gembira dan banyak disukai masyarakat di luar Indonesia.

Bahkan sejumlah orkestra luar negeri pernah menyanyikan lagu ini. Seperti sebuah pertunjukan di Wina, Austria, yang bertajuk From Indonesian Folk berikut ini

 

2. Anak Kambing Saya

Lagu asal NTT ini banyak dinyanyikan anak-anak saat bermain. Namun siapa sangka, lagu asli yang banyak di hafal oleh siswa sekolah musik Ryulgok, Pyongyang, Korea Utara.

 

3. Potong Bebek Angsa

Satu lagi, lagu asal NTT yang sudah melanglang buana ke negara lain. Lagu “Potong Bebek Angsa” yang pernah di nyanyikan di Festival Paduan Suara Internasional Singapura oleh orkestra paduan suara Zechariah Goh.

 

4. Soleram

Lagu daerah asal Riau ini mengisahkan tentang persahabatan. Lagunya yang merdu dan mendayu-dayu membuat tidak hanya orang Indonesia yang menyukainya. Sejumlah musisi asing juga pernah menyanyikan lagu ini seperti Miriam Makeba, penyanyi asal Afrika, dan juga Rony Marton bersama Triobab Ibu Kota Republik Ceko, Praha.

 

Nah, terbukti kan guys lagu-lagu Nusantara yang bergaung dipusat kesenian dunia itu telah bikin bangga Indonesia. Maka dari itu kamu jangan pernah gengsi untuk menyanyikannya ya. Justru kamu harus semangat memperkenalkan kekayaan Indonesia ke mancanegara.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua 🙂

 

(Channel E – DF)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here