5 REKOMENDASI GUNUNG UNTUK PENDAKI PEMULA

1
399

Channel EIndonesia memang banyak memiliki gunung yang tersebar dari Sabang hingga Marauke. Hal tersebut menjadikan posisi Indonesia sebagai negara kepulauan dan dikelilingi oleh cincin api.

Berbagai pemandangan indah dan menakjubkan yang kerap menghiasi gunung-gunung tersebut. Hal inilah yang menantang para pendaki lokal mau mancanegara untuk menaklukkan berbagai gunung di Indonesia.

Namun, mendaki gunung sangatlah sulit bagi para pendaki pemula. Karena, mendaki gunung membutuhkan kemampuan, ketahanan fisik, dan pengalaman yang cukup. Karena itu, bagi para pemula membutuhkan gunung yang memiliki medan tidak terlalu ekstrem.

Kalian mau tau gunung apa saja yang ada di Indonesia yang cocok untuk pendaki pemula? Yuk simak penjalasan berikut ini.

 

1. Gunung Nglanggeran, Yogyakarta

gambar: Istimewa  

Gunung Nglanggeran yang terletak di gunung kidul, Yogyakarta sangat cocok untuk para pendaki pemula. Gunung yang dikategorikan sebagai gunug api purba ini memiliki ketinggian 700 mdpl.

Jalur gunung ini sangat landai, sehingga sangat cocok untuk pendaki pemula yang belum memiliki banyak pengalaman. Meski gunung ini memiliki jalur yang cukup landai, tapi kalian juga harus tetap berhati-hati. Para pendaki hanya membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk sampai di puncak gunung.

Untuk menuju puncak gunung kalian harus melewati lorong bebatuan yang cukup sempit. Tapi, semua rasa lelah itu akan terobati dengan pemandangan yang sangat indah yang dapat kalian rasakan sepanjang perjalanan untuk sampai ke puncak gunung Nglanggeran.

 

2. Gunung Besek, Jawa Timur

Gunung besek yang terletak diperbatasan Wonogiri dan Pacitan ini belum banyak diketahui wisatawan. Gunung besek memberikan panorama alam yang luar biasa indahnya. Gunung ini juga cocok untuk para pendaki pemula.

Untuk sampai ke puncak gunung ini, pendaki harus melewati hutan dan lereng perbukitan. Jalan yang dilalui oleh para pendaki adalah jalan setapak, kondisi jalannya tergolong sangat mudah dilalui. Waktu untuk sampai ke puncak gunung ini, hanya sekitar lima menit saja.

Setibanya di puncak, kalian akan disuguhi pemandangan yang super indah. Karena di gunung ini terdapat batu besar yang bentuknya seperti besek, wadah makanan berbentuk kotak yang terbuat dari anyaman bambu. Jadi saat kalian saat berdiri di tebing gunung ini kamu akan merasa seolah berada di ujung dunia. Sehingga tak heran jika gunung ini sering dijadikan tempat foto yang instagramable.

 

3. Gunung Penanggungan, Mojokerto

gambar: Istimewa

Gunung Penanggungan terletak di Mojokerto Jawa Timur ini memiliki ketinggian sekitar 1653 mdpl. Jalur yang terdapat pada gunung ini juga terbilang cukup ramah dan cocok untuk pendaki pemula.

Meski demikian, untuk mendaki gunung ini kamu mungkin akan cukup kelelahan, karena itu persiapan fisik harus kamu lakukan sebelum mendaki gunung ini. Para pendaki biasanya membutuhkan waktu sekitar empat jam melalui jalur Tamiajeng, Trawas.

Selain itu, pendaki pemula juga sebaiknya selalu waspada sepanjang perjalanan. Sebab meskipun pendek, jalur di gunung ini cukup terjal, dan kamu akan menemui tanjakan dengan kemiringan 65 derajat. Meski demikian, pemandangan di sepanjang jalur pendakian dan puncak gunung ini sangatlah indah. Sehingga rasa lelahmu akan terbayar manis begitu sampai di puncak untuk menikmati pemandangan dan kesegaran alam pegunungan.

 

4. Gunung Batur, Bali

gambar: Istimewa

Gunung Batur yang terletak di Bali ini cocok dijelajahi para pendaki pemula. Meskipun tergolong cukup tinggi, yakni sekitar 1.717 mdpl, gunung ini bisa dibilang sangat ramah untuk pendaki yang belum memiliki banyak pengalaman.

Meski demikian, kamu tetap harus menjaga ketahanan fisik sebelum mendaki ya. Sebab kamu harus melakukan perjalanan sekitar dua sampai tiga jam untuk sampai di puncak Gunung Batur.

Gunung Batur memiliki daya tarik tersendiri yaitu, keindahan kalderanya yang luas dan padang rumput yang menghijau. Selain itu, pendaki biasanya juga akan berkemah di tepi Danau Batur sambil memandangi langit malam Pulau Bali yang sangat mempesona.

 

5. Gunung Bromo, Jawa Timur

gambar: Istimewa

Gunung Bromo dikenal sebagai salah satu gunung yang sangat populer karena keindahannya. Karena itulah, gunung ini selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun asing.

Gunung yang terletak di Jawa Timur ini sendiri merupakan gunung aktif yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Dan gunung ini memiliki suhu udara yang cukup rendah, yakni di bawah 10 derajat celcius. Sehingga saat ke sana, sebaiknya kamu membawa jaket atau berbagai peralatan yang bisa menghangatkan diri.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membawa masker dan kacamata. Karena hembusan angin bercampur pasir di gunung ini cukup kencang. Meski demikian, pemandangan super indah di gunung ini akan memanjakan mata dan membuatmu bahagia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here