Asal Muasal Kopi, ditemukan oleh Seorang Pengembala?

2
557

Channel E – Happy WeekEnd semuanya, Gimana Pagi ini sudah ngopi belum? eh, tapi kalian tau gak sih? Kopi yang kalian minum selama ini Asal Muasal nya dari mana? Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi merupakan salah satu komoditas di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Nah, kalian tau gak nih siapa yang pertama kali menemukan kopi? Berikut ini Channel E akan memberikan informasi tentang Asal Muasal Kopi yang katanya ditemukan oleh Pengembala? Benar gak sih? yuk, simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Asal Muasal Kopi

Gambar Istimewa

Asal mula kopi bermula dari seorang gembala bernama Kaldi. Walaupun masih terbilang mitos namun cerita ini menjadi awalan pemersatu latar belakang sejarah ditemukannya kopi yang hingga saat ini di klaim oleh banyak negara.

Dilansir dari beberapa sumber, Pada abad ke-3 ada seorang penggembala di dataran Ethiopia bernama Kaldi. Pada saat ia sedang menggembala kambing-kambing gembalaan Kaldi hilang yang membuat ia harus mencari apa penyebabnya. Bukannya mendapatkan gembala seperti biasanya, ia malah melihat kambing-kambing nya bertingkah laku aneh seperti sedang mabuk, sehingga membuatnya bingung.

Kaldi melihat ada beberapa buah beri merah yang ada disemak-semak. Ternyata beri-beri tersebut dimakan oleh kambing-kambingnya. Ia pun penasaran dan akhirnya Kaldi memakan juga biji-biji tersebut. Dalam beberapa saat setelahnya Kaldi pun juga berlari-lari dengan riangnya seperti mabuk sama seperti kambing-kambing nya. Dari situlah awal mula kopi ditemukan.

 

2. Kopi Populer Lewat Pedagang Arab

Gambar Istimewa

Bangsa Arab yang memiliki peradaban lebih maju daripada Afrika ketika itu tidak hanya memasak biji kopi namun direbus untuk diambil sarinya. Namun pada abad ke 1-13 banyak kaum Muslim mengkonsumsi minuman kopi agar dapat beribadah di malam hari. Kepopuleran kopi diiringi dengan meningkatnya penyebaran agama Islam ketika itu hingga mencapai daerah Afrika Utara, Mediterania dan India.

 

3. Bersambung ke Cerita di Eropa

Gambar Istimewa

Meskipun pada abad ke-10 masyarakat Italia sudah mengenal kopi, namun baru dibuka kedai kopi pertama Botega Delcafe pada tahun 1645. Saat itu kedai kopi di negeri pizza tersebut menjadi pusat pertemuan para cendekiawan. London, merupakan kota terdapat Coffee House pertama di George Yard, Lombat Street dan di Paris, kedai kopi baru dibuka pada tahun 1671 di Saint German Fair.

Pada abad 18 kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan diperkenalkan tentang kopi oleh para pedagang serta kolonis. Daratan Amerika tengah dan selatan ternyata mempunyai lingkungan alam yang alami sehingga menjadi tempat yang tepat menanam kopi. Perkebunan kopi di kawasan tersebut dapat tumbuh menyebar dengan cepat.

 

4. Kopi Menjadi Minuman Yang Dilarang

Gambar Istimewa

Cerita pahit tentang kopi yang paling digemari adalah ketika masa-masa kopi menjadi produk yang dilarang kehadirannya. Sekitar tahun 1511, karena adanya efek rangsangan yang ditimbulkan oleh kopi sehingga diharamkan oleh para Imam di Mekah, Arab Saudi. Larangan para Imam konservatif dan ortodoks di majelis keagamaan tersebut akhirnya dihilangkan pada tahun 1524 atas perintah Sultan Selim I. Begitupun di Kairo, Mesir larangan terhadap kopi disahkan pada tahun 1532 sehingga banyak kedai dan gudang kopi ditutup.

Di Rusia juga berlaku pelarangan terhadap kopi namun bersifat diskriminatif. Seorang Raja Fredrick Agung tahun 1777 hanya membolehkan kopi untuk kalangan atas. Orang kalangan atas dan kelas bangsawan menganggap kopi sebagai minuman bergengsi. Dengan demikian pelarangan kopi terhadap orang-orang bawah dan lemah ditunjukkan demi menjaga kearistokratan kopi.

 

5. Asal Mula Kopi di Indonesia

Gambar Istimewa

Kedudukan pemerintah Belanda di Indonesia sangat berperan terhadap asal mula kopi di Indonesia. Kopi diperkenalkan di Indonesia melalui Sri Lanka. Pertama kali pemerintah Belanda menanam kopi di daerah sekitar Batavia (Jakarta), Sukabumi dan Bogor. Tanaman kopi juga dibudidayakan di daerah Jawa Timur, Jawa tengah, Jawa Barat, Sumatera dan Sulawesi. Namun pada permulaan abad ke 20 perkebunan kopi di Indonesia olahan Belanda musnah terserang hama pada seluruh tanaman kopi. Kopi yang tidak terserang hama  adalah kopi Arabika yang ditanam di Timor dan Flores. Kedua pulau yang menjadi perkebunan kopi tersebut dinaungi oleh pemerintahan bangsa Portugis.

Kopi adalah komoditi terbesar kedua paling banyak diperdagangkan setelah minyak bumi. Tercatat Sekitar 6,7 juta ton kopi diproduksi dalam rentang tahun 1998-2000 saja. Asal mula kopi seorang pedagang dari Venesia membawa masuk ke Eropa secara resmi pada tahun 1615. Didapatkannya biji-biji kopi tersebut dari orang berkebangsaan Turki. Mulai sejak saat itu Eropa mulai membudidayakannya agar pasokan bisa memenuhi kebutuhan pasar.

Negara belanda menjadi salah satu negara Eropa pertama yang berhasil membudidayakannya pada tahun 1616. Biji kopi untuk kemudian di bawa ke pulau Jawa dan dibudidayakan secara besar-besaran di negara Indonesia yang masih menjadi negara jajahan.

 

Nah itu dia sejarah singkat kopi yang bisa dikonsumsi masyarakat dunia hingga saat ini. Wah ga kebayang ya guys, kalo kita tinggal di jaman kolonial, gak bisa deh kita ngerasain kopi kalau bukan seorang bangsawan atau masyarakat kelas atas. Terutama bagi kalian nih pecinta kopi.. semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yaa

(Channel E – DF)

2 COMMENTS

  1. Thank you for sharing superb informations. Your web site is very cool. I’m impressed by the details that you¦ve on this blog. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and simply could not come across. What an ideal web site.

  2. When I originally commented I clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and now each time a comment is added I get four emails with the same comment. Is there any way you can remove me from that service? Thanks!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here