4 MANFAAT BENTONITE CLAY YANG TAK BANYAK DIKETAHUI

0
122

Channel EBentonite clay adalah bahan alami yang banyak diolah dalam produk kecantikan kulit. Bahan ini dulu digunakan untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan racun pada kulit. Ternyata, manfaat bentonite clay juga sudah diperkuat dengan banyak bukti penelitian ilmiah. Penasaran, apa aja manfaat bentonite clay? Yuk simak penjelasannya!

 

1. Mengurangi racun tubuh

gambar: Istimewa

Manfaat utama dari bentonite clay adalah mampu mengurangi efek racun di dalam tubuh. Bentonite clay juga mampu menyerap zat dengan menempel pada molekul atau ion tubuh.

Saat tanah liat ini dibersihkan atau keluar dari dalam tubuh, ia turut membawa racun atau molekul berbahaya lain bersamanya. Ketika dikonsumsi, bahan yang satu ini bisa menyerap racun atau zat lain dari saluran pencernaan.

 

2. Merawat kulit berminyak dan berjerawat

gambar: Istimewa

Daya serap bentonite clay yang tinggi membuatnya penting untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Tanah liat membantu menghilangkan sebum atau minyak dari permukaan kulit. Selain itu, tanah liat bentonit juga menenangkan jerawat yang meradang.

Untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat, bentonite clay biasanya digunakan sebagai masker. Menggunakan masker wajah dari bentonite clay bisa membantu menghilangkaan kotoran dari kulit. Selain itu, bahan yang satu ini juga dapat membantu mengobati jerawat, dan mengurangi risiko kemunculannya di kemudian hari.

 

3. Mengobati ruam popok

gambar: Istimewa

Sekitar 93 persen bayi yang mengalami ruam popok menampakkan kulit yang lebih baik setelah dioles bentonite clay. Dalam waktu 6 jam, bentonite clay mampu mengurangi ruam dan 90 persennya sembuh total dalam 3 hari.

Bahan ini biasanya dicampurkan terlebih dahulu dengan air hingga berbentuk pasta. Kemudian, barulah campuran ini dioleskan ke area yang terkena ruam. Namun tetap penting untuk konsultasi ke dokter dulu sebelum menggunakan produk apa pun pada bayi.

Karena, kulit bayi masih sangat sensitif sehingga rentan iritasi termasuk terhadap bahan yang memiliki manfaat.

 

4. Mengatasi diare

gambar: Istimewa

Bentonite clay termasuk bahan alami yang bisa meringankan masalah pencernaan akibat virus seperti diare. Untuk diare yang ringan akibat virus, kalian bisa membuat campuran 1 sdt tanah liat dengan air. Minumlah sebanyak 2 kali sehari untuk mendapatkan manfaat dari bentonite clay.

Namun, bentonite clay tidak bisa menggantikan perawatan yang seharusnya kalian dapatkan dari dokter. Karena, tubuh tiap orang berbeda-beda sehingga reaksi yang timbul pada tiap orang pun akan berbeda pula. Untuk lebih baiknya jika konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan yang satu ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here